Kemenag Kabupaten Malang Berangkatkan 1.799 CJH Tahun 2023

380 dibaca

▪︎MALANG-POSMONEWS.COM,-
Sebanyak 1799 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Malang akan berangkat menuju tanah suci Mekkah, karena telah melunasi biaya haji tahun 2023.

Hal tersebut dikatakan Arif mewakili Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Departemen Agama Kabupaten Malang Abdul Salam di kantornya pada Selasa (23/5/2023).

“Untuk tahun 2023 sudah dipastikan 1799 orang CJH asal Kabupaten Malang siap diberangkatkan, karena sesuai data kita untuk Kabupaten Malang yang telah melunasi biaya haji sebanyak 1799 orang,” ucap Arif.

“Jadi yang pasti berangkat menuju tanah suci dari Kabupaten Malang 1799 orang,” katanya.

Ia juga mengatakan nantinya apabila pada saat hari pemberangkatan ada CJH batal berangkat karena alasan tertentu, akan diganti oleh CJH dari daerah lain.

“Apabila terjadi ada CJH batal berangkat karena alasan meninggal atau sakit, dianggap kosong, nanti diisi oleh CJH dari daerah penyangga yakni dari Provinsi,” tambahnya.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang menjelaskan, pihaknya mendapatkan kuota 1908 CJH, namun yang melunasi biaya haji sebanyak 1799 CJH.

“Jadi ada kurang 109 CJH, jadi dengan tidak terpenuhinya kuota di Kabupaten Malang maka akan dihitung berdasarkan kuoto Provinsi Jawa Timur yang tahun ini mendapatkan kuota 33 ribu CJH dari akumulasi beberapa wilayah yang ada di Jatim,” jelasnya.

Sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan informasi pembatalan pemberangkatan CJH dari Kabupaten Malang, namun begitu CJH yang batal berangkat tahun ini akan diberangkatkan pada tahun berikutnya.

“Sampai hari ini kami dari pihak penyelenggara belum menerima pembatalan CJH, apabila ada CJH yang batal berangkat akan kami ajukan pemberangkatannya pada tahun depan (2024),” bebernya.

Sedangkan untuk CJH lunas tunda di Kabupaten Malang ada sekitar seribuan oeang, “Jadi Meraka CJH yang melunasi biaya haji namun tidak bisa berangkat sejak tahun 2019 kemaren karena adanya Pandemi Covid 19 maka akan kami berangkatkan tahun ini,” tandas Salam.

Untuk tahun 2023 ini Ongkos Naik Haji (ONH) sekitar 55 sampai 56 juta per satu orang, nantinya CJH haji akan berangkat pada 8 Juni mendatang, dan masuk karantina di asrama haji selama 24 jam. Dan Kabupaten Malang untuk tahun ini masuk pada klter 40 sampai 43.▪︎[DDT/AHM]