Kampoeng Cinangneng, Wisata Kenang Masa Kecil

879 dibaca

▪︎BOGOR-POSMONEWS.COM,-
KAMPOENG Wisata Cinangneng, kawasan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, salah satu wisata keluarga terpopuler di Bogor. Destinasi tersebut menjadi kenangan tersendiri di masa kecil.

Lokasi Kampoeng Wisata Cinangneng tepatnya berada di Jl. Babakan Kemang, RT. 1/RW. 2, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Akses jalan menuju ke tempat wisata ini sudah cukup bagus, bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Kondisi jalan diaspal. Sedanhkan arah perjalanan, wisatawan bisa mengikuti petunjuk ke Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, kemudian melanjutkan perjalanan menyusuri Jl. Raya Cibanteng menuju ke Desa Cihideung Udik. Kampoeng Wisata Cinangneng buka di sepanjang pekan, mulai dari Senin hingga Minggu.

Sementara jam operasional mulai dari 8.00 hingga 17.00 WIB. Namun, bagi pendatang dan bermalam di kawasan wisata ini, dapat menikmati keseruan dan suasana perkampungan yang asri.

Di sana wisatawan mendapatkan pengalaman maksimal dan suasana mengesankan di Kampoeng Wisata Cinangneng, ada paket wisata yang ditawarkan bagi anak-anak.

Banyak aktivitas dilakukan selama tur di desa tersebut, mulai dari mengunjungi industri rumahan, melihat langsung aktivitas warga, belajar bermain alat musik angklung atau gamelan, belajar menari dan masih banyak lagi lainnya.

Fasilitas dimiliki Kampoeng Wisata Cinangneng bisa dikatakan sangat lengkap. Bungalow, taman dan kebun, tempat bermain, kolam renang dan restoran bisa ditemukan di sini.

Ada juga fasilitas akomodasi dalam bentuk paket menginap atau Overnight Package. Ada Package D dengan kamar standar dan fasilitas menarik dengan harga mulai dari 525,000 IDR, atau Package E dengan harga mulai dari 625,000 IDR atau Sawah Room (Family Room) dengan harga mulai dari 1,150,000 IDR atau Desa Room (Triple Room) dengan biaya mulai dari 750,000 IDR per malam.

Destinasi wisata ini menjadi bertujuan memperkenalkan anak-anak kepada suasana desa dan perkampungan yang masih asri. Tidak hanya itu saja, atmosfer sangat menyenangkan menjadi momentum pengingat masa kecil di kampung halaman.

Sebagai perkampungan wisata, banyak hal bisa dirasakan dan dilakukan langsung oleh para pengunjung.

▪︎Tur Kampoeng

Wisatawan bisa mengajak si kecil menjelajah kampung, beriinteraksi dengan warga dan bahkan mengunjungi industri kecil rumahan seperti melihat langsung pembuatan keset kaki dan tas. Selain itu, wisatawan diperbolehkan menyusuri pematang sawah atau bahkan sungai yang tidak ditemui di perkotaan.

Kegiatan ini akan membuat wisatawan menemukan banyak bahan makanan di sekitar yang bisa dimanfaatkan, baik sebagai makanan maupun minuman.

▪︎Belajar Menari Tradisional

Salah satu kegiatan yang menarik di Kampoeng Wisata Cinangneng dan tidak boleh dilewatkan adalah belajar menari tradisional. Wisatawan diperkenalkan dengan sejumlah tarian tradisional dan bakal diajak berpartisipasi dalam tarian tersebut.

Ternyata membuat wayang itu tidak sulit. Setidaknya itulah yang ditunjukkan di kampung wisata ini berdiri sejak tahun 2000. Pembuatan wayang menggunakan bahan ilalang dan dedaunan.

Sedangkan bagi yang suka bermain alat musik tradisional,
suka mengulik alat musik, akan diperkenalkan dengan alat musik tradisional, angklung serta seperangkat gamelan.

▪︎Menanam Padi

Sedangkan kegiatan luar ruang, menanam padi di sawah dijamin bakal menjadi pengalaman dan sensasi tidak terlupakan.

Di situ wisatawan diperkenalkan cara memandikan kerbau. Di Kampoeng Wisata Cinangneng menawarkan kesempatan berharga tersebut. Masih penasaran? Datang saja ke Kampoeng Wisata Cinangneng.▪︎[ZA/ALAMS]