Mitos Pulau Seribu Membuat Merinding

542 dibaca

▪︎PULAU1000-POSMONEWS.COM,-
KEINDAHAN Pulau Seribu tidak bisa dipungkiri. Setiap wisawatan menginjakkan kakinya di sana selalu dibikin takjub. Di pulau tersebut juga menyimpan berbagai mitos dan misteri.

Berbagai mitos Pulau Seribu memang membikin merinding bulu kuduk berdiri setelah mendengarnya. Masyarakat Indonesia tidak bisa terlepas dari berbagai cerita mistis dan mitos, termasuk di Kepulauan Seribu.

Di balik keindahan alam yang disuguhkan Pulau Seribu, siapa sangka banyak cerita mistis. Ada beberapa destinasi wisata erat kaitannya dengan cerita mitos. Hampir di setiap tempat memiliki kisahnya masing-masing, termasuk di Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu, mendengarnya saja sudah membayangkan betapa eloknya pulau tersebut. Pasti langsung membayangkan keindahan alam dan keasrian yang dimilikinya. Kebanyakan orang memang mengenal Pulau Seribu sebagai salah satu destinasi wisata alami yang mempesona.

Menurut kisah orang-orang di Kepulauan Seribu, sebagian wisatawan juga meyakini adanya cerita mistis di beberapa destinasi di Kepulauan Seribu. Beberapa di antaranya bahwa merasakan sendiri kebenaran dari cerita mitos tersebut meski belum bisa dipastikan lebih lanjut.

▪︎Jembatan Cinta Pulau Tidung

Pulau Tidung atau tepatnya tentang Jembatan Cinta sering dijadikan spot foto para wisatawan. Pulau Tidung menjadi salah satu destinasi Kepulauan Seribu terkenal karena keindahan alam yang dimilikinya.

Alam bawah laut di pulau ini juga sangat mempesona sehingga sering dijadikan pilihan bagi para pecinta diving atau snorkeling. Banyak wisatawan terhipnotis dengan keindahan alam, udara masih segar dan daya tarik lainnya.

Mitos “jembatan cinta” jika melompat ke laut di bawah jembatan, maka pikiran kotor dan buruk akan hilang bersamanya. Mengapa banyak wisatawan melompat dari jembatan cinta ini, tapi tetap harus memperhatikan kesehatan, apalagi jika tidak bisa berenang. Selain itu, masih ada cerita mitos beredar tentang jembatan cinta.

Mitos itu jika menyeberangi jembatan dengan pasangan, maka hubungan bisa langgeng atau bahkan kandas. Hal ini menjadi alasan banyak wisatawan yang menyeberangi jembatan cinta bersama pasangan.

▪︎Pulau Bidadari

Mitos Pulau Seribu tidak hanya berasal dari Pulau Tidung, namun Pulau Bidadari juga menyimpan berbagai kisah mistis. Pulau ini juga memiliki keindahan alam begitu menakjubkan sehingga menjadi destinasi tujuan para wisatawan.

Meski pulau ini tidak seramai Pulau Tidung, tapi bisa mendapatkan banyak daya tarik dari Pulau Bidadari. Salah satunya tanaman langka dan pohon berumur ratusan tahun, tinggi, rimbun dan besar.

Pohon tua itu menyimpan cerita mitos masyarakat, yaitu pohon jodoh dan pohon rezeki. Kedua pohon tersebut dipercaya mampu membawa kebaikan bagi masyarakat.

Banyak wisatawan datang berkunjung karena merasa penasaran dengan keberadaan kedua pohon tua tersebut. Masih banyak orang mempercayai mitos ini, bahkan sampai sekarang. Tidak heran jika kemudian banyak wisatawan mencoba membuktikan kebenarannya.

Pohon rezeki dipercaya mampu melancarkan dan mendatangkan rezeki seseorang apabila mereka menyentuh sambil berfoto. Pohon jodoh diyakini pohon itu mampu mendekatkan jodoh dengan menyentuh sambil berfoto bersama pasangan.

▪︎Ujung Pulau Tidung

Pulau Tidung terdiri dari Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar dengan keunikan yang berbeda. Sebelumnya, kita sudah membahas tentang mitos Pulau Seribu berupa jembatan cinta Pulau Tidung Besar. Kisah mistis dari Pulau Tidung Kecil yang membuat merinding.

Kisah para wisatawan berkaitan tentang hal-hal gaib bermunculan, misalnya dengan penampakan. Ia mengaku telah melihat penampakan dua sosok laki-laki dan perempuan tinggi besar berdiri di ujung pulau. Sosok tersebut memiliki tubuh yang tinggi, besar, hitam dan menyeramkan.

Wisatawan lain juga pernah melihat sosok laki-laki mengenakan baju putih panjang. Suasana pulau ini semakin menyeramkan dengan adanya deretan makam dan dikelilingi hutan mangrove.

▪︎ Pantai Perawan – Pulau Pari

Pulau Pari atau Pantai Perawan menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari karena keindahan alamnya. Di balik keindahan alamnya, Pantai Perawan ini memiliki kisah mitos di mana dulunya ada seorang anak perempuan hilang di pantai. Pasalnya, anak tersebut tidak bisa ditemukan hingga sekarang dan alasan menghilangnya masih jadi misteri.

Menurut masyarakat setempat, anak tersebut dikelilingi dan dibawa burung gagak, hilang karena dibawa makhluk halus dan lain sebagainya. Beberapa wisatawan mengatakan dirinya melihat sosok gadis yang pernah hilang.▪︎[ZA/ALAMS]