Gus Baha: Ada Orang Bodoh Itu Berkah

201 dibaca

KH. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha), adalah salah satu ulama Nahdlatul Ulama yang berasal dari Rembang, Jateng.

Gus Baha dikenal sebagai salah satu ulama ahli tafsir yang memiliki pengetahuan mendalam seputar al-Qur’an. Ia merupakan salah satu murid dari ulama kharismatik, KH Maimun Zubair.
Dalam sebuah video pendek yang diunggah akun Facebook Ngaji Online (26/03/2020) Gus Baha menjelaskan tentang keberkahan adanya orang bodoh, dan tidak semua orang menjadi alim.

Menurut beliau, berkahnya ada orang yang bodoh, maka masih ada orang-orang yang ilmunya sedikit namun berdakwah di tempat-tempat yang terpencil. Sebab tidak demikian jika ia alim benar-benar alim.

Jika semua orang pintar, lanjutnya, maka semua orang akan menjadi pimpinan lembaga-lembaga besar, seperti Ketua MUI dan atau rektor atau lainnya. Tapi berkah adanya orang yang masih bodoh (ilmunya masih sedikit), maka masih ada yang mau mengajari orang-orang di daerah terpencil.

Gus Baha juga menegaskan sebagai makhluk Allah baiknya kita tidak memaksakan agar semua orang menjadi pintar. Tugas kita berusaha dan belajar. Urusan ada orang yang alim dan tidak semua sudah ketentuan Allah yang sangat indah.

Begitu penjelasan beliau tentang berkahnya ada orang yang masih bodoh. Wallahu A’lam.**(zub)