Giat Religi Dandim 0812, Ziarah ke Makam Mbah Sedo Margi

135 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Ibarat tiada hari tanpa sebuah kegiatan, termasuk di Hari Minggu pun Dandim 0812/ Lamongan bersama anggota jajaran tetap melakukan berbagai kegiatan, salah satunya adalah menanam jagung Perdana di Desa Jotosanur, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan di area lahan kosong di samping lapangan tembak Kodim 0812 Lamongan, Minggu (3/3/2024).

Penanaman Jagung Perdana itu merupakan upaya peningkatan produksi pangan di wilayah Kodim 0812/Lamongan.

Menurut Dandim 0812 Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI AD, merupakan tindaklanjut dari Nota Kesepahaman (MoU) Kementerian Pertanian dengan TNI.

“Hal ini dilakukan untuk mendukung program Pemerintah dalam mencapai ketersediaan pangan yang cukup dan berkualitas bagi seluruh Rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Giat kedua Dandim 0812, pasca penanaman jagung perdana di Wilayah Teritorial Kodim 0812/Lamongan, ia bersana jajaran Perwira staf dan Danramil melanjutkan berpatroli di wilayah Kecamatan Mantup sekaligus berziarah ke Makam leluhur Mbah Sedo Margi di Desa Mantup Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan, Minggu (3/3/2024).

Kegiatan yang bertajuk “Minggu Berziarah” ini mempunyai arti (Berzikir dan berdoa kepada Arwah Leluhur). Ini merupakan program Dandim 0812/Lamongan untuk mengingat dan juga menghargai Arwah Leluhur pendiri Bangsa.

Berdasar sejarah Mbah Sedo Margi, semasa hidupnya merupakan pendakwah agama Islam di sepanjang Kali Lamong yang berbatasan di sebelah selatan  wilayah Kerajaan Majapahit tepatnya di wilayah Dusun Mantup, Desa Mantup, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur. Beliau adalah cucu pertama dari anak pertama putra Sunan Giri.

Dandim 0812/Lamongan pada saat ditemui di lokasi Makom mengatakan bahwa pentingnya menghargai jasa para pahlawan Pendiri Bangsa Indonesia.

“Pendiri Bangsa adalah pahlawan yang harus kita hargai dan patut menjadi contoh. Kegigihan beliau semasa hidup dengan berjuang menjadi seorang pendakwah mempunyai peran yang sangat besar menjadi cikal bakal berdirinya Bangsa Indonesia,” ujarnya.

Sesampainya di lokasi makom, dirinya beserta rombongan langsung disambut oleh Penjaga makom. Acara dilanjutkan dengan berdoa untuk arwah Mbah Mbah Sedo Margi di lokasi Makom.▪︎[DANAR SP]