Daun Kumis Kucing Efektif Mengurangi Kadar Asam Urat

384 dibaca

SIAPA yang tidak tau daun kumis kucing ini tumbuh lebat dibeberapa daerah bahkan sering dianggap sebagai tanaman liar. Walaupun tumbuhan liar, daun kumis kucing dipercaya bisa berikan khasiat luar biasa.

Tumbuhan herbal satu ini banyak dimanfaatkan sebagai ramuan alami untuk beragam penyakit.
Tidak percaya?

Manfaat Daun Kumis Kucing

Sebelum tahu manfaatnya, kita juga wajib tahu cara membuatnya, nih. Dikutip dari GridHealth.Id, langkah-langkah cara membuat air rebusan daun kumis kucing gampang banget.

Bahan:

– Daun kumis kucing 4-7 lembar

– Meniran 7 helai

– Air 2 gelas

Cuci daun kumis kucing dan meniran sampai bersih. Kemudian, rebus kedua daun tersebut sampai mendidih dan menyisahkan air 1 gelas.

Terakhir minum air rebusan daun kumis kucing tiga kali sehari.
Namun perlu diingat sebaiknya tidak mengonsumsi obat herbal daun kumis kucing secara berlebihan.

Sebab, pemakaian daun kumis kucing dalam jumlah banyak bisa menyebabkan keracunan dan kerusakan hati. Lalu, apa sih manfaat air rebusan daun kumis kucing ini?

Berikut ini beberapa manfaat luar bisa dari air rebusan daun kumis kucing.

1. Membantu Masalah Pernapasan

Daun kumis kucing sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk.

Agar lebih efektif, biasanya ramuan obat daun kumis kucing dicampur dengan ramuan obat lainnya agar lebih maksimal dalam mengobati masalah pernapasan.

2. Menurunkan Kadar Gula

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak herbal daun kumis kucing dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.
Beberapa kelompok penelitian mengambil mengambil ekstrak ramuan daun kumis kucing dan menemukan bahwa ekstrak pelarut tertentu dari daun kumis kucing ini dapat secara signifikan menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan leptin serta HDL.

Hal ini berpengaruh dalam menghentikan trombosit darah agar tidak saling menempel sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Daun kumis kucing mengandung sejumlah senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah.

Asam rosmarinik yang ada di dalamnya menargetkan enzim vital yang dikenal sebagai Angiotensin Converting Enzymes (ACE), sehingga pembuluh darah membesar atau melebar, dan tekanan darah berkurang.

Jika tekanan darah normal maka memudahkan jantung untuk memompa darah dan dapat meningkatkan fungsi jantung yang gagal.

4. Mengobati Batu Ginjal

Manfaat daun kumis kucing berikutnya ialah mengurangi infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Sifat diuretik dan anti-bakteri alami membantu mengairi kandung kemih dan mengeluarkan patogen yang menyerang dan melindungi saluran kemih dari infeksi. Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dan melindungi ginjal dari efek merusak dari obat dan reagen tertentu.

5. Antiinflamasi

Siapa yang menyangka bahwa daun kumis kucing dapat dijadikan sebagai antiinflamasi yang kuat.
Bahkan, daun kumis kucing telah terbukti efektif dalam mengurangi kadar asam urat dalam darah sehingga dapat mengobati rematik, asam urat dan radang sendi.

Ekstrak daun kumis kucing juga ampuh dalam meningkatkan kekuatan tulang karena kaya kandungan potasium dan kalsium.

6. Detoks

Daun kumis kucing juga dapat digunakan sebagai ramuan detoksifikasi. Tanaman ini memiliki efek perlindungan hati yang kuat sebagai antioksidan.

Ekstrak daun kumis kucing bahkan terbukti mampu mencegah kerusakan liver akibat konsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu.
Selain itu, ia juga terbukti mengurangi tanda-tanda perlemakan hati dan konsentrasi bilirubin pada subyek penyakit kuning.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Asam rosmarinic yang ada pada daun kumis kucing membantu meningkatkan daya ingat dan juga melindungi dari kematian sel saraf yang disebabkan oleh beta-amiloid penyebab Alzheimer.

Daun kumis kucing juga memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi gejala kecemasan. Semoga bermanfaat.
**(alamsyah/kmp)