Oat dari Gandum Penurun Kolesterol Cukup Ampuh

379 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
Kolesterol satu aspek yang diperlukan dalam tubuh kita guna memproduksi vitamin D. Fungsinya, untuk memastikan setiap sel dalam tubuh berjalan dengan normal. Namun, kelebihan kolesterol tentunya tidak selalu baik. Bila kadar kolesterol dalam tubuh melebihi batas normal, akan menimbulkan masalah kesehatan.

Pengidap kolesterol tinggi akan menyebabkan aliran darah ke jantung tersumbat dan bisa mengakibatkan stroke, penyempitan arteri, dan berujung pada serangan jantung. Pastinya daftar penyakit tadi ingin dihindari.

Lantas bagaimana cara mengatasi kolesterol berlebih? Salah satunya mengurang konsumsi makanan tinggi kolesterol. Makanya, perlu mengganti dengan makanan penurun kolesterol. Di antaranya;

1. Oat, makanan penurun kolesterol
2. Sayuran hijau
3. Kacang-kacangan
4. Pisang
5. Alpukat
6. Ikan Salmon
7. Beras merah sebagai makanan penurun kolesterol

Dikutip dari laman ruparupa.com
beberapa rekomendasi makanan penurun kolesterol tinggi yang bisa dikonsumsi setiap hari.

1. Oat Penurun Kolesterol

Oat merupakan salah satu produk olahan terbuat dari gandum. Nah, makanan ini juga ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Orang memiliki
kadar kolesterol tinggi, rutin mengonsumsi oat beberapa tahun terakhir. Hasilnya, kadar kolesterol dalam tubuh tetap stabil dan normal.

Oat memiliki kandungan beta glucan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Supaya oat jadi lebih lezat, bisa mengombinasikannya dengan pisang dan buah beri.

2. Sayuran Hijau

Sejak kecil, kita pasti sudah dibiasakan untuk mengonsumsi sayuran hijau. Bukan tanpa alasan, sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, kailan, dan lainnya, merupakan makanan yang kaya serat, vitamin, serta bisa menjadi makanan penurun kolesterol.

Soalnya, sayuran hijau mengandung zat antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat ini dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar tetap normal.

3. Kacang-kacangan

Kacang merupakan produk makanan nabati kaya akan serat, mineral, dan protein. Tidak heran kalau makanan satu ini bisa menjadi penurun kolesterol baik bagi tubuh.

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan dapat menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat.
Salah satu jenis kacang dengan peminat paling tinggi adalah kacang kedelai yang bisa diolah menjadi tempe, tahu, dan susu kacang.

4. Pisang

Pisang makanan kaya nutrisi dan dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Kandungan inulin pada buah pisang berperan aktif untuk memecah kolesterol pada makanan yang kita konsumsi. Mengonsumsi pisang secara rutin dengan jumlah maksimal 2 buah per hari.

5. Alpukat

Alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Soalnya, buah berwarna hijau ini kaya kandungan lemak tak jenuh tunggal, polifenol, serta fitosterol yang berperan aktif dalam mengurangi kadar kolesterol tubuh.

Hindari mengonsumsi alpukat dengan menambahkan gula, susu, atau pun cokelat. Hal ini dapat mengubah lemak baik menjadi lemak jahat.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon menjadi satu dari sekian banyak jenis ikan memiliki kandungan omega 3 tertinggi. Nah, omega 3 sendiri merupakan suatu senyawa yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan ampuh.

Rutin mengonsumsi ikan salmon juga baik untuk membantu perkembangan otak, serta menjaga kesehatan rambut, tulang, dan kulit.

7. Beras Merah

Beras merah memiliki kandungan senyawa baik bagi tubuh, seperti vitamin B, magnesium, dan fitonutrien, ternyata mampu menurunkan kadar lemak darah.
Hal ini jugalah bisa membuat kadar kolesterol tubuh jadi stabil, apalagi jika pola makan kita terjaga dengan baik. Selain menurunkan kolesterol, beras merah juga menjadi makanan pokok yang dapat menurunkan gula darah.**(ZA/AHM)