Buah sebagai Obat Herbal

152 dibaca

Buah-buahan adalah karunia dari sang pencipta yang begitu besar, sehingga kita sebagai makhluk ciptaan-Nya sangat mudah untuk menikmatinya. Buah bukan hanya sebagai makanan penutup ataupun sebagai makanan pelengkap saja, tapi dengan berbagai kandungan nutrisi, gizi dan vitamin bahkan mineral dari buah tentunya sangatlah baik sekali untuk kebutuhan tubuh kita.
Dalam hal ini sedikit berbagi tentang 15 manfaat buah sebagai salah satu obat herbal dalam mengatasi berbagai penyakit secara alami dan juga sebagai pencegahan penyakit yang paling utama.  Dengan kita memanfaatkan buah sebagai obat herbal tentunya kita sendiri akan menghemat biaya jika di bandingkan dengan makanan suplemen yang sudah jadi yang ada di pasaran, selain dari pada itu buah itu sendiri banyak sekali kita jumpai di pasar-pasar tradisional dan super market dengan berbagai harga yang cukup relatif murah. Berikut ini beberapa manfaat buah yang dapat anda jadikan referensi sebagai obat herbal:
1.     Pepaya membantu menghilangkan alergi, menyembuhkan luka, menghilangkan masalah alergi.         Dengan kandungan Vitamin C dan provitamin A pada buah pepaya, dan juga membantu dalam             masalah pencernaan.
2.     Strawberry membantu mengatasi masalah pada gangguan kandung kemih, sebagai zat yang menjadi anti virus dananti kanker, karenan kandungan buah strawberry mempunyai provitamin A, B1, vitamin B dan C.
3.     Jeruk, membantu menurunkan resiko terkena kanker, kardiovaskuler, dan penyakit mata seperti katarak. Dengan julukan buah anti kanker bagi tubuh ini buah jeruk mempunyai kandungan Vitamin A, B1, B2 dan Vitamin C.
4.     Pisang, masalah lambung karena dapat mengurangi asam lambung, membantu permasalahan penyakit jantung dan stroke, dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, karena manfaatnya itu kandungan dari buah pisang yaitu Vitamin A, B1, B2 dan vitamin C.
5.     Tomat, masalah gusi berdarah, usus buntu, kanker prostat dan kanker payudara, selain dari pada itu tomat juga membantu untuk pembersihan hati pada organ tubuh kita kandungan Vitaminnya pun A, B1 dan vitamin C.
6.     Apel, sebagai obat herbal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bukan hanya itu buah apel juga berfungsi sebagai program diet untuk mengurangi nafsu makan yang tinggi, dan juga sebagai zat anti kanker, kandungan buah apel itu sendiri Vitamin A, vitamin B, dan Vitamin C.
7.     Jambu, untuk membantu penderita demam berdarah menaikan terombosit 100.000/mm3 dalam masa waktu sekitar 16 jam, dan daun jambu biji juga ada kandungan enzim quercetin yang berguna sebagai penghambat terbentuknya enzim MRNA yang ada di dalam virus demam berdarah ( DBD ).
8.     Sirsak, sakit pinggang, rematik, cacingan dan juga bisul. Tapi yang paling utamanya terletak pada daun sirsak yang di rebus diminum airnya untuk obat asam urat.
9.     Buah naga, membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga bermanfaat untuk pencegahan kanker usus, meningkatkan daya kerja otak, dan juga membantu menguatkan fungsi ginjal dan tulang.
10.                        Markisa, penyakit liver, melancarkan peredaran darah, dan juga sebagai penurun panas. Selain itu juga untuk membantu masalah insomnia karena buah markisa kaya akan kandungan vitamin B yang berfungsi menenangkan dan juga potassium yang merilekskan sistem syaraf anda. Dengan mengkonsumsi 2-3 buah markisa saat sebelum tidur agar anda mudah mengantuk setelah beberapa menit mengknsumsinya.
11.                        Manggis, untuk mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal, selain dari pada daging buahnya kulit manggis dan daunnya juga sangat bermanfaat.
12.                        Delima, untuk mencegah kanker prostat, kanker payudara, mencegah penyakit jantung, mengobati pembengkakan dan pendarahan pada gusi anda.
13.                        Mengkudu, untuk peluruh kencing batu, bengek, radang, selaput sendi tapi yang paling populer menurut para ahli buah mengkudu bermanfaat sebagai obat anti kanker dan tumor karena kandungan Damnacanthal, sejenis anthraquinon, zat inilah yang bekerja untuk  menghambat pertumbuhan sel ganas pada kanker dan tumor.
14.                        Semangka, membantu menurunkan kadar kolesterol dan juga mencegah serangan jantung, kandungan provitamin A dan vitamin C juga berfungsi sebagai anti alergi.
15.                        Nanas, membantu masalah infeksi pada pencernaan, dan juga membantu penyembuhan luka, selain dari pada itu manfaat buah nanas juga sebagai obat herbal pencegahan penyakit stroke dan jantung.***