Ditanam di Pinggir Jalan dan Hutan

170 dibaca

• Sejuta Manfaat dan Efek Samping Tanaman Johar (1)

Johar atau sering dikenal dengan bujuk atau dulang, merupakan salah satu jenis pohon yang dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional. Apa saja manfaat daun, kulit, dan bunga tanaman johar untuk pengobatan?

TANAMAN johar ini berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara dan sudah tersebar luas di beberapa wilayah lain seperti Afrika Selatan, Ethiopia, Kenya, Amerika Latin, Australia, Fiji, serta Indonesia.

Johar berasal dari keluarga tanaman Fabaceae dan memiliki nama ilmiah yaitu Senna siamea.
Tanaman ini memiliki berbagai sebutan di negara lain seperti dalam bahasa Inggris dikenal dengan Cassia siamea, Kassod tree, yellow cassia, Bombay blackwood, Thai cassia, dan Thai copper pod.

Karakteristik Johar

Johar adalah tanaman hanya dapat tumbuh di daerah tropis dan tidak dapat hidup di iklim dingin. Biasanya, tanaman ini dapat dijumpai di pinggir jalan, hutan, dan daerah pesisir.

Johar merupakan sebuah pohon yang berukuran sedang dengan tinggi sekitar 10-20 meter. Tanaman ini memiliki ciri-ciri fisik yaitu: Memiliki batang yang pendek dan lurus, kulit batang berwarna abu-abu kecoklatan, dan halus.

Memiliki daun majemuk yang saling berselang, berwarna hijau, menyirip, mengkilap di bagian atas daun, dan terdiri dari 6-14 anak daun.

Memiliki bunga besar, berwarna kuning cerah, berukuran panjang sekitar 60 cm, dan berkumpul dalam malai berbentuk limas di ujung ranting. Memiliki buah yang berbentuk polong dan pipih, tidak pecah, dan terdiri dari sekitar 20 biji di dalam buah.

Memiliki biji berbentuk seperti buncis, berwarna coklat kehijauan, dan mengkilap.

Kandungan Johar

Hampir semua bagian dari tanaman johar baik daun, bunga, kulit batang, akar, atau biji memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Kandungan dari 100 gram daun johar adalah sebagai berikut.(zi)