Minum Rendaman Biji Ketumbar, Manfaatnya Menakjubkan

273 dibaca

Jangan remehkan bumbu dapur yang satu ini. Memang sudah menjadi salah satu bahan masak yang harus selalu tersedia di dapur. Membicarakan bumbu dapur, tentu kaum Hawa tak asing lagi dengan ketumbar?

Ketumbar memang kerap kali digunakan sebagai bumbu masakan. Biasanya ketumbar digunakan sebagai bumbu tempe, bakwan, atau bahkan opor.

Kini Anda juga bisa coba rendam 1 sendok makan biji ketumbar dan minum airnya di pagi hari. Sebab dengan minum air rendaman ketumbar di pagi hari, Anda bisa langsung merasakan 5 manfaat menakjubkan ini pada tubuh.

Manfaat Air Rendaman Biji Ketumbar

Ternyata sekarang ketumbar bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut ini berbagai manfaat air ketumbar ketika diminum pagi hari dan langsung terasa khasiatnya.

Mengutip dari laman Nakita.id, air ketumbar ternyata juga punya khasiat untuk tubuh, kulit dan rambut.

Untuk membuat air ketumbar cukup merendam 1 sendok makan biji ketumbar ke dalam segelas air.
Lalu diamkan air ketumbar selama semalaman.

Sebelum meminumnya di pagi hari, jangan lupa untuk saring biji ketumbar terlebih dulu. Kalau sudah tahu cara membuatnya, inilah beberapa manfaat air ketumbar:

1. Meningkatkan Kekebalan

Kandungan antioksidan dalam ketumbar dapat membantu mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Dengan demikian bisa membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Air rendaman ketumbar juga membantu pencernaan dan membantu penurunan berat badan. Minum rendaman air ketumbar di pagi hari dipercaya dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme.
Di mana hal tersebut bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

3. Rambut Lebih Kuat

Ketumbar juga mengandung vitamin K, C, dan A. Hal itu tentunya baik dalam menjaga rambut lebih kuat dan sehat. Rambut pun juga akan terhindar dari rontok dan masalah rambut lainnya.

Selain diminum, Anda juga dapat mengoleskan rambut dengan minyak ketumbar atau dijadikan sebagai masker rambut.

4. Mengurangi Jerawat dan Bekas Luka

Selain mengandung zat besi, ketumbar juga memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri. Air ketumbar diketahui bermanfaat membantu atasi jerawat. Kulit pun juga tampak lebih cerah dan sehat.

5. Membantu Membuang Racun

Manfaat lainnya, minuman ini juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk detoksifikasi.

Bukan hanya bijinya saja, daun ketumbar juga memiliki manfaat baik untuk tubuh. Memang tak ada yang menyangka jika ada manfaat dari jus daun ketumbar dan lemon.
Bahkan manfaat tersebut sangat cocok bagi kaum Hawa yang ingin miliki tubuh ideal.

Sebab jus daun ketumbar dan lemon memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Dilansir dari Nakita.id, salah satu manfaat jus ini dipercaya baik untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Jus segar ini memiliki khasiat antioksidan dan anti-inflamasi.
Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu melawan radikal bebas.

Seperti diketahui, radikal bebas yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menyebabkan penuaan dini, dan membuat kulit kusam serta keriput.

Tak hanya baik untuk kesehatan kulit, jus hijau ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan sebagai detoksifikasi.

Melansir food.ndtv.com, Praktisi Kesehatan, Ahli Gizi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik, Shilap Arora mengatakan “jus hijau buatan sendiri berfungsi membersihkan sistem dari dalam. Seperti yang kita tahu, sistem yang bersih juga menghasilkan kulit yang bersih. Ini merupakan ide yang baik untuk melakukan detoksifikasi. Selain itu, jus ini juga membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori.”

Nah untuk membuatnya sangat mudah sekali. Cukup siapkan daun ketumbar sekitar 1 cangkir, lemon kurang lebih 1 sendok makan dan air secukupnya.

Langkah membuatnya, pertama masukkan daun ketumbar, jus lemon dan air ke dalam blender.
Kemudian blender semua bahan hingga halus. Anda bisa sesuaikan kekentalan jus sesuai dengan selera.

Kalau ingin tidak terlalu kental, boleh tambahkan lagi dengan air.
Atau Anda juga boleh tambahkan sedikit chaat masala ke dalamnya.
Cobalah untuk rutin meminumnya untuk dapatkan manfaat yang optimal.**(ist)