Minum Air Rebusan Pisang Jaga Imun Tubuh

13 views

Minum air rebusan pisang mungkin terdengar asing. Namun, jangan dulu berpikir yang aneh-aneh. Ternyata air rebusan pisang bisa memberikan manfaat baik untuk tubuh.

Mengonsumsi air rebusan pisang ini saat malam hari sebelum tidur.
Dijamin dengan minum air rebusan pisang sebelum tidur, tubuh Anda akan rasakan 5 manfaat luar biasa ini. Penasarankan apa saja manfaat yang bisa dirasakan? Berikut manfaat minum air rebusan pisang dilansir di laman
SajianSedap.co dari Food NDTV.

Lima manfaat dari minum air rebusan pisang sebelum tidur.
Air dari rebusan pisang rupanya juga kaya akan manfaat bagi tubuh manusia.

1. Pengganti Minuman Manis

Mengganti secangkir teh manis dengan rebusan air pisang merupakan salah satu solusi untuk mengurangi kandungan gula yang tinggi.

Terlebih, kandungan gula tinggi dalam tubuh dapat mempersulit proses pencernaan pada malam hari. Dengan mengganti teh manis dengan air rendaman pisang, Anda tidak perlu khawatir masalah pencernaan.

2. Tidur Lebih Nyenyak

Air rebusan pisang dipercaya mengandung pelemas otot, seperti tripton, serotonin, dan dopamin yang dapat bantu cegah insomnia.
Kandungan baik lainnya pada pisang juga dapat merangsang tidur dan merwlaksasi pikiran sehingga terhindar dari stres.

3. Mengurangi Berat Badan

Bagi Anda yang sedang diet, air rebusan pisang patut dicoba dikonsumsi ketika malam hari terasa lapar. Sebab, buah pisang kaya akan karbohidrat dan gula yang sebagian besar dibuang saat diseduh dengan air.

4. Tingkatkan Kekebalan

Kandungan vitamin B6 dalam pisang mampu mengatur perkembangan sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Adapun kandungan antioksidan seperti dopamin dan gallacatechin juga mampu lindungi tubuh dari penyakit.

5. Kesehatan Jantung

Selain kaya akan karbohidrat, pisang juga mengandung catechins yang dapat membantu mencegah penyakit jantung.
Nah, untuk membuat air rebusan pisang atau teh pisang, Anda bisa menempatkan air dalam wadah dan biarkan mendidih.

Jika sudah mendidih, Anda bisa memasukkan potongan pisang dan kayu manis ke dalam wadah yang dibiarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, Anda bisa menyaringnya agar air terpisah dari buahnya.

Seperti ulasan kandungan nutrusi dari pisang, mengandung sekitar 420 mg kalium yang baik menurunkan tekanan darah dan melancarkan oksigen ke otak. Pisang juga mengandung vitamin A yang tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap ISPA, kulit bersisik, dan juga kebutaan.

Juga kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama, serta membantu meningkatkan energi.
Tapi tahukah, ternyata pisang tak boleh loh dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

Menurut pemberitaan Tribun Travel, meskipun pisang adalah makanan bergizi yang baik, tapi pisang tidak baik dikonsumsi saat perut kosong. Sebabnya:

1. Dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular karena tingkat magnesium yang tinggi.

2. Karena pisang mengandung kalium dan magnesiumnya yang tinggi bisa menyebabkan ketidakseimbangan kadar mineral dalam tubuh apabila dimakan saat perut belum terisi.

3. Buah pisang mempunyai sifat asam yang bisa memperburuk dan menyebabkan masalah usus jika dikonsumsi pada waktu perut kosong. Jadi, mengonsumsi buah pisang sebaiknya dibarengi dengan makanan lain.

Misal, sifat asam yang terkandung dalam buah pisang dapat diminimalkan apabila dikonsumsi dengan buah kering yang direndam terlebih dahulu.

Sebuah penelitian mengungkapkan pisang mengandung gula dalam jumlah besar yang menginduksi energi di dalam tubuh.

Apabila dimakan saat perut kosong, energi di dalam tubuh akan terkuras habis setelah beberapa jam. Hal ini akan membuat tubuh menjadi merasa lesu, letih dan juga mengantuk.

Mengenai pisang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong, juga disampaikan oleh lifehack.org dalam artikelnya dengan judul ’10 Foods To Eat And Avoid On An Empty Stomach For Better Digestive Health’, yang menyebutkan pisang mengandung magnesium dan potasium dalam jumlah tinggi yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan magnesium dan kalium dalam darah jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.**(ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here