Manfaat Makan Bawang Putih Mentah bagi Tubuh

488 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
Bawang putih merupakan bumbu masak yang tak dapat terpisahkan dari hidangan Indonesia. Tahukah Anda manfaat mengonsumsi bawang putih mentah tanpa mencampurnya dengan makanan?

Makan bawang putih mentah memberikan sejumlah manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut, berikut ini penjelasannya lebih lanjut dikutip dari situs Halodoc.

Lantas apa manfaat makan bawang putih mentah? Bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting dan rendah kalori. Satu siung bawang ini mengandung mangan, Vitamin C, selenium, dan sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, Vitamin B1, Vitamin B6, dan kalium.

Selain itu, bawang ini juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga bermanfaat untuk mencegah berbagai paparan radikal bebas yang bisa memicu gangguan kesehatan.

Begitu banyak kandungan nutrisinya, membuat manfaat bawang putih beragam untuk kesehatan. Berikut ini berbagai manfaatnya:

1. Mengatasi Flu:

Bawang putih sudah sejak lama terkenal baik bagi kesehatan. Manfaat bawang putih mentah adalah hasil dari senyawa belerang yang terbentuk ketika bawang ini tercincang, hancur, atau saat kamu kunyah. Salah satu manfaatnya adalah bisa untuk mengobati flu.

2. Mengontrol Kolesterol:

Kolesterol menjadi salah satu kebutuhan dalam tubuh. Namun, saat jumlah kolesterol terlalu tinggi, kondisi ini dapat memicu gangguan kesehatan.

Untuk membantu mengontrol kadar kolesterol, kamu bisa mengonsumsi bawang ini. Manfaat bawang putih mampu menurunkan kadar kolesterol sebesar 10-15 persen.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh:

Bawang putih mentah dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mengurangi terjadinya intensitas penyakit umum. Contohnya seperti flu dan infeksi sistemik atau kulit lainnya.

4. Mencegah Penyakit Kanker:

Manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan adalah menurunkan risiko kanker. Salah satunya kanker usus besar. Melansir dari American Journal of Epidemiology, kelompok yang kerap mengonsumsi bawang ini yang mentah bersama dengan sayuran dan buah-buahan secara rutin, mampu menurunkan risiko kanker usus besar sebesar 35 persen.

5. Menurunkan Tekanan Darah:

Senyawa aktif dalam bawang ini dapat menurunkan tekanan darah (hipertensi), mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia:

Manfaat bawang putih lainnya untuk mencegah Alzheimer dan demensia. Hal ini karena bawang ini mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan mampu mencegah kerusakan otak akibat paparan radikal bebas atau stres oksidatif yang terjadi. Ketika otak menjadi lebih sehat, maka berbagai penyakit yang menyerang otak dapat menurun.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah:

Bawang putih mentah dapat mengurangi fluktuasi kadar gula darah sebelum makan. Itulah sebabnya, orang yang mengidap penyakit kencing manis sebaiknya mengonsumsi bawang putih.
Kamu juga bisa mengontrol kadar gula darah dengan makanan berikut ini → 13 makanan yang ampuh menurunkan kadar gula darah (penderita diabetes).

8. Menjaga Kesehatan Kulit:

Bawang ini juga berguna untuk mengatasi beberapa masalah kulit, seperti jerawat hingga bekas jerawat. Kamu bisa mengoleskan bawang ini yang sudah halus pada beberapa bekas jerawat atau jerawat.

9. Meningkatkan Kinerja Fisik:

Manfaat bawang putih lainnya yaitu mampu mengurangi kelelahan serta meningkatkan kinerja atletik dan kapasitas fisik. Di zaman dahulu, bawang ini baik untuk meningkatkan kinerja fisik pekerja dan meningkatkan kinerja atletik pada atlet Olimpiade di Yunani kuno.

10. Optimalkan Kesehatan Tulang:

Melansir dari BMC Musculoskeletal Disorders, bawang putih dan bawang bombay menjadi salah satu makanan yang baik untuk mencegah osteoporosis.

Lebih lanjutnya, kamu juga berdiskusi dengan dokter di Halodoc mengenai hal ini. Tak perlu repot, dengan aplikasi ini kamu bisa berbicara dengan dokter kapan dan di mana aja. Yuk, klik gambar berikut untuk chat dengan dokter sekarang:

1. Apakah boleh makan bawang putih saat perut kosong? Selain mencampurkannya pada berbagai jenis makanan yang Anda olah, Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih utuh saat perut kosong. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan, seperti:

a. Menjaga kesehatan pencernaan. Dengan membersihkan berbagai zat berbahaya dan racun, sehingga menurunkan risiko gangguan pencernaan.

b. Membantu detoksifikasi tubuh. Mengonsumsi bawang ini dapat mendorong produksi gluthatione oleh enzim hati. Hal ini juga membantu proses produksi komponen detoksifikasi lainnya, seperti selenium bioaktif dan senyawa belerang.

c. Berfungsi sebagai antibiotik alami. Kandungan allicin di dalamnya merupakan antibiotik bioaktif yang dapat melawan infeksi dan bakteri.

2. Apa manfaat bawang putih bagi wanita?Mengonsumsi bawang ini bisa meningkatkan gairah seksual wanita. Hal ini terjadi karena bawang ini bermanfaat untuk mengoptimalkan aliran darah, termasuk pada area kewanitaan.

Selain itu, ini juga bersifat imunomodulator dan antiinflamasi yang bisa membantu mengatasi gejala PCOS. Meskipun tidak dapat sepenuhnya memulihkan penyakit tersebut, tetapi gejala dapat membaik.

Bawang ini juga mampu meningkatkan kesehatan vagina. Bawang ini memiliki manfaat untuk menyeimbangkan pH pada vagina sehingga terhindar dari infeksi

3. Kapan waktu terbaik makan bawang putih?Waktu terbaik untuk makan bawang putih bervariasi tergantung pada tujuan dan preferensi. Beberapa orang mengonsumsinya di pagi hari dengan perut kosong untuk membersihkan sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

Sementara yang lain menggunakannya sebagai bumbu dalam hidangan selama makan atau sebelum tidur untuk manfaat kesehatan seperti menjaga kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Namun, perlu Anda ingat bahwa konsumsi bawang putih mentah atau dalam suplemen harus kamu perhatikan, dan konsultasi dengan dokter bila perlu. Terutama jika Anda atau orang tua Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.▪︎[ZA/AHM]