Incumbent dan Birokrat Lamongan Ikuti Proses Bacabup – Pilkada 2024

89 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Gelaran Pilkada 2024 sudah masuk ke proses awal penjaringan sehingga beberapa partai politik di wilayah Kabupaten/ Kodya hingga propinsi membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup)- Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup), Bakal Calon Walikota – Bakal Calon Wakil Walikota, serta Gubernur dan Wakil Gubernur.

Di Kabupaten Lamongan minsalnya, mulai dipanaskan dengan proses suksesi kepemipinan kora Soto ini manakala DPC PDI Perjuangan mulai membuka pendaftaran Bakal Calon Bupati (Bacabup) – Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) Lamongan, Selasa (23/04/2024).

Adalah Dr, H.Yuhronur Efendi, MBA, yang akhirnya memiliki tekat bulat, untuk membuktikan keseriusannya kembali maju dalam Pilkada Lamongan 2024.

Incumbent yang akrab dipanggil Pak Yes tersebut juga merupakan orang pertama yang dipastikan tampil dalam kontestasi pertarungan Pilbup Lamongan November 2024 mendatang.

Kedatangan Pak Yes di kantor DPC PDI Perjuangan Lamongan JL Kusuma Bangsa, Kerta Jaya, tidak lain adalah untuk mengambil formulir pendaftaran dengan tujuan untuk mendapatkan rekomendasi dari partai yang saat ini telah mendapatkan 7 kursi di DPRD Lamongan.

Kehadiran Pak Yes, sudah tercium awak media setelah 1 jam setelah pembukaan penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Lamongan pada Pilkada serentak 2024 oleh DPC PDI Perjuangan Lamongan. Kedatangan Pak Yes ke kantor DPC PDIP Lamongan mendapat sambutan hangat dari pengurus DPC PDIP dan puluhan awak media

Ketua DPC PDIP Lamongan, Husen menyambut baik kedatangan Pak Yes. Menurutnya, Pak Yes adalah figur yang cukup dekat dan memiliki hubungan baik dengan PDIP.

”Kedatangan beliau merupakan suatu kehormatan bagi kami, Pak Yes telah menyampikan niatnya dan kami PDIP menyampaikan terima kasih,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, saat menggelar press release.

Ditanya lebih lanjut perihal calon wakil bupati, Husen mengaku masih menunggu sejumlah nama potensial lainya.

“Ini masih sangat dini, proses awal akan kami tunggu sembari menunggu nama potensial lainya. Intinya kami hanya menjalankan tehnis dan proses tahapan awal dalam Pilkada Lamongan 2024, selebihnya kita nunggu keputusan dari DPP. Kita masih tahap pembukaan pendaftaran, disini ada dua formulir, satu untuk Bacabup dan satunya lagi untuk Bacawabup, yang mau mendaftar. Tidak ada kriteria khusus bagi kami, misi dan misinya baik dan yang pasti ideologinya Pancasila, dan NKRI harga mati,” pungkas pria yang sukses dalam Pileg 2024 itu.

Sementara itu, Pak Yes menyampaikan bila kedatanganya mendaftar secara pribadi tidak bersama figur untuk calon wabup.

“Saya bertanya sejak kemarin (PDIP) buka penjaringan kapan, hari ini saya mengambil formulir pendaftatan kemudian saya penuhi persyaratan untuk menjadi calon dari PDIP,” katanya.

Ditanya perihal waktu pendaftaran yang relatif singkat setelah pembukaan, Pak Yes menjawab bila ia mengikuti dan menghormati PDIP.

“Kenapa PDIP, Pilkada 2020 lalu saya sudah mendaftar tapi waktu itu tidak berjodoh semoga tahun ini berjodoh. Saya siap ikut kontestasi mendatang, karena dibuka hari ini jadi saya inisiatif mendaftar hari ini,” kata Pak Yes kepada awak media.

Sebelumnya Bacabup incumbent, mengakui jika dirinya juga mendapat lampu hijau dari partai Golkar.

”Semua partai yang membuka pendaftaran Bacabup, insyaallah kami datang ikut mendaftar. Soal Calon wakilnya itu nanti, kan masih ada prosesnya nanti,” pungkasnya.

Seperti diketahui, mulai hari ini Selasa (23/04/2024) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lamongan mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah kabupaten Lamongan pilkada serentak 2024. Waktu pendaftaran berlangsung dua pekan kedepan hingga 07 Mei 2024.

Hingga hari ini setelah dilakukan pembukaan pendaftaran, Yuhronur Efendi atau Pak Yes menjadi orang pertama yang mengambil formulir dan resmi mengajukan diri sebagai bakal calon bupati (Bacabup) lewat PDI Perjuangan.

Namun pasca, H. Yuhronur Efendi mendaftar pertama di DPC PDI Perjuangan Lamongan, di waktu berikutnya birokrat Lamongan, Khusnul Yakin,
yang saat ini tengah menjabat sebagai Kepala BPKAD Lamongan itu juga mendaftarkan diri sebagai Bacabup Lamongan, dengan mendatangi dua kantor partai besar yakni, DPC PKB dan PDI perjuangan, Rabu (24/04/2024).

Saat DPC PKB Lamongan Jl Pahlawan membuka awal pendaftaran, Khusnul Yaqin adalah orang pertama kali yang mengambil formulir pendaftaran. Sementara Khusnul Yaqin merupakan orang kedua mengambil formulir pendaftaran Bacabup di Kantor DPC PDI Perjuangan, Jl Kusuma Bangsa.

Bersama 3 anggota timnya, Khusnul Yaqin disambut langsung oleh Ketua DPC. PKB Lamongan, Abdul Ghofur dan beberapa anggota DPRD dan pengurus DPC PKB Lamongan.

Usai mengambil formulir pendaftaran, pria keluarga dekat Tlogo Anyar, sebutan keluarga besar mantan Bupati Lamongan, Alm H.Fadeli, bergeser menuju kantor DPC PDI Perjuangan, dan disambut langsung oleh Ketua Husein dan jajaranya.

Di depan sejumlah awak media, Khusnul Yakin mengatakan niatannya menjadi Calon Bupati atas keinginan sendiri untuk mewujudkan Kabupaten Lamongan lebih maju.

”Saya sudah lama ingin maju, karena saya ingin disana, meskipun pensiun saya masih ditanun 2027. Saya sudah mengajukan pensiun dini, saat ini sedang dalam proses pengajuan di BKPSDM. Soal kemauan itu, tidak ada dorongan dari luar maupun keluarga,” katanya pada sejumlah awak media.

“Mengajak untuk bisa mewujudkan harapan masyarakat untuk Lamongan lebih maju, baik dibidang infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lainnya,” kata mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Lamongan era Bupati Fadeli saat pengambilan formulir di Kantor DPC. PKB Lamongan.

“Saya berharap bisa sinergi dengan PKB dan mendapat rekom untuk bisa menjadi Calon Bupati Lamongan. Tak hanya itu, kami juga siap mendaftar dipartai lain, jika nanti sudah waktu memungkinkan,” pungkas Khusnul Yaqin.

Sementara itu, ketua DPC. PKB Lamongan, Abdul Ghofur, mengatakan Khusnul Yakin merupakan Bakal Calon Kepala Daerah yang pertama mengambil formulir pendaftaran ke kantornya.

“Saya atas ketua DPC. PKB Lamongan menerima pendaftaran pak khusnul yakin. Setelah diterima ketua dan anggota Desk Pilkada, nanti kami merekomendasi untuk di usulkan ke DPP (Dewan Pimpinan Pusat) PKB,” kata Ghofur.

Sementara itu dikantor DPC PDI Perjuangan, , ketua DPC. PDI-P Lamongan, Husen, menyampaikan tugas DPC sebatas melakukan penjaringan dan selanjutnya akan dilakukan beberapa tahapan.

“Mekanisme harus dijalankan secara terbuka. Tugas kami melakukan penjaringan. Mudah-mudahan Juni DPP sudah meungumumkan Bacalon yang akan direkomendasi. Sehingga Agustus langsung bisa daftar ke KPU,” pungkas Husein.

Sebagaimana diketahui jika niatan Khusnul Yakin maju Pilkada Lamongan, nampak terlihat fenomena ratusan banner-banner yang sudah terpasang sejak bulan puasa. Selain itu dirinya juga sudah pamit dengan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi.▪︎[DANAR SP]