Misteri Tikungan Gunung Geger Pagak Malang

35 views

Jika Anda sedang pergi ke Pantai Ngliyep atau Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur, ada pemandangan pegunungan kapur di wilayah Pagak, dengan puncak tertinggi yang dinamakan Gunung Geger.

Gunung Geger punya ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut, memang terlihat tidak terlalu tinggi namun gunung ini menyimpan beberapa kisah mistis.

Di sana terdapat jalan buatan di zaman Belanda, dulu yang dibuat karena kerja paksa (rodi) terhadap rakyat Indonesia. Di gunung yang merupakan jalan penghubung Kepanjen dengan Pagak, Kabupaten Malang, ini ada sebuah gua gelap yang menghadap ke timur.

Menurut cerita masyarakat setempat, ada Harimau yang sedang bertapa di gua itu. Harimau tersebut mengambil mayat yang menjadi bagian dari mereka. Maksudnya adalah kepercayaan jika orang yang meninggal dari hasil perzinahan, mayatnya akan diambil sampai tujuh hari kematiannya. Mungkin masyarakat modern saat ini memang agak sulit percaya, namun itulah mitos yang sangat diyakini di sana.

Mitos lain di Gunung Geger ini adalah pasangan muda-mudi yang pacaran, konon hubungannya tidak akan langgeng jika menyempatkan diri selfie atau pun pamer kemesraan sebelum menikah.

Meskipun tidak terbukti kebenarannya karena seringkali ditemui banyak sekali muda mudi yang pacaran di sana, tetapi inilah kepercayaan masyarakat setempat.

Mitos yang mungkin agak mendekati kebenaran adalah seringnya kecelakaan yang ada di sana. Jika Anda mencari berita di google dengan kata kunci “kecelakaan di Gunung Geger” akan banyak ditemukan berita baru dan lama. Kebanyakan kecelakaan dengan cara masuk jurang di tikungan yang tajam.

Memang di malam hari, jurang-jurang dalam yang ada di jalanan Gunung Geger sama sekali tidak tampak, apalagi di sana banyak sekali tikungan dan tanjakan yang benar-benar tajam dan perlu kehati-hatian plus do’a agar dinaungi keselamatan.

Terlepas dari berbagai mitos yang cukup mistis, Gunung Geger menyajikan pemandangan yang cukup indah. Panorama yang benar-benar alami itu terdapat setelah tikungan. Saat pagi dan sore hari banyak sekali pengunjung yang berhenti sejenak untuk melihat matahari terbenam ataupun terbit.

Sayang pemandangan hutan jati dan beberapa hutan di sana sudah tidak seperti dulu lagi, kini banyak areal hutan yang meranggas terkena matahari ataupun ditebang sehingga sudah tidak asri seperti awal tahun 2000-an.

Rute menuju Pantai Selatan Malang, seperti Balekambang atau Ngliyep menyuguhkan jejeran pemandangan pegunungan kapur. Deretan keindahan alam daerah Pagak, Kabupaten Malang, ini memiliki salah satu gunung dengan puncak tertingginya yang bernama Gunung Geger.

Gunung Geger merupakan penghubung wilayah Kepanjen dan Pagak, Kabupaten Malang. Di atasnya terdapat seuah gua gelap yang menghadap ke timur.
**(ahmad/ade)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here