SMAN 1 Lereng Merapi, Antar 61 Siswanya Lulus SBMPTN 2021

155 dibaca

Sebanyak 61 siswa SMAN 1 Pakem Sleman DIY lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Meski berada di lereng Gunung Merapi dan jauh dari Kota Yogyakarta, tetapi SMA yang satu ini merasa sangat bersyukur karena siswa-siswinya diterima di PTN ternama.

Bahkan banyak pula yang masuk di Program Studi bergengsi. Seperti Kedokteran UGM, Kedokteran Gigi Undip atau di Teknik Geologi UPN Veteran Yogyakarata (UPN Jogja).

Menurut Kepala SMAN 1 Pakem, Kristya Mintarja, S.Pd., M.Ed., St., pihaknya sangat bersyukur karena banyak siswanya yang lulus SBMPTN 2021.

Bahkan hasil ini meningkat dibanding tahun lalu yang juga mampu meluluskan pada seleksi SBMPTN 2020 sebanyak 48 siswa.

“Saya bersyukur atas prestasi ini. Tentu saya sangat berterimakasih pada seluruh warga sekolah mulai dari komite, orangtua dan siswa,” ujar Kristya, Rabu (16/6/2021).

Maksimalkan Program Pembelajaran

Ternyata, keberhasilannya itu juga tak lepas dari kerja kerasnya dalam memaksimalkan program pembelajaran bagi siswa kelas 12, meski dalam masa pandemi Covid-19.

Ada satu kunci keberhasilan yang ingin diungkapkan Kristya, yakni:

1. Terapkan blended learning
Karena pandemi ini, selain siswanya ikut pembelajaran jarak jauh (daring), sekolah juga membuka layanan konsultasi belajar tatap muka terbatas.
Baca juga: PPDB 2021 SMA/SMK DIY, Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

2. Pendalaman Materi

Bagi siswa kelas 12 ada pendalaman materi secara khusus mengenai soal-soal atau materi yang berhubungan dengan UTBK-SBMPTN.

3. Motivasi Kuliah Dimana

Saat siswa baru masuk kelas 10 ditanya oleh pihak sekolah bahwa nanti ke depan akan kuliah di mana dan jurusan apa?

“Ini saya sampaikan di awal masuk SMAN 1 Pakem motivasi siswa mau kuliah di mana dan ambil jurusan apa. Jika sudah sesuai keinginan, maka siswa diminta mencari foto jurusan dan kampus itu kemudian di tempel di kamar. Ini jadi target siswa ketika lulus dari SMA ini,” terang Kristya.

Sementara itu, siswa yang lulus SBMPTN 2021 di Kedokteran UGM, Nayla Tiara Ekasita mengaku senang dengan pencapaiannya itu.

Karena, ini sama dengan cita-cita dia sejak masuk di SMA tersebut. Bahkan dia bercita-cita menjadi seorang dokter sejak kecil.

“Intinya, niat kita dari awal sudah ditentukan mau kuliah apa, dan tujuannya apa. Ternyata, ini tidak meleset dari cita-cita saya sejak kecil ingin jadi dokter,” ungkapnya.

Sedangkan temannya, Zahra Salsabila yang juga lulus SBMPTN 2021 di Teknik Industri UGM juga menyampaikan rasa syukur.
Tetapi, dia sendiri memiliki pemikiran bahwa jika ingin berusaha untuk mencapai tujuan maka tidak usah terlalu dipikirkan.

“Jalani dulu dengan maksimal dan hadapi dulu. Hasil bagus atau jelek itu yang penting kita merasakan perjalanannya. Juga yang penting ialah dari awal tidak usah merasa takut,” tegas Zahra.**(kmp/sam)