Presiden Jokowi Bertemu Menlu AS

131 dibaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo. Menteri Luar Negeri (Menteri) Indonesia, Retno Marsudi menyebut bahwa Presiden Jokowi ingin AS menjadi sahabat baik bagi Indonesia.

“Dalam pertemuan tadi presiden mengatakan kita bermitra dengan baik, kita berteman dengan baik. Indonesia menginginkan Amerika sebagai true friend of Indonesia. Tetapi hal ini tidak bisa take it for granted (tidak begitu saja),” katanya seusai mendampingi Presiden Jokowi bertemu Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (29/10/20).

Presiden Jokowi menekankan untuk terus bersahabat baik diperlukan usaha yang serius. Termasuk mewujudkan kerjasama yang konkret.

“Semuanya harus dipelihara. Sehingga presiden mengatakan bahwa untuk memelihara kemitraan ini, diperlukan upaya yang serius, diperlukan pemahaman satu sama lain. Dan diperlukan juga upaya untuk mewujudkan kerja sama yang konkret. Termasuk diantaranya adalah kerja sama ekonomi,” tuturnya.

Retno mengatakan bahwa Pempeo pun berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara.

“Dari pihak Secretary Pompeo menyampaikan tentunya senang bisa berkunjung kembali ke Indonesia dan menyampaikan komitmen kuatnya untuk melanjutkan kemitraan komprehensif strategis dengan Indonesia,” pungkasnya.
(setneg/alam)