MENGOBATI TIFUS, CARA TRADISIONAL

148 dibaca

Penyakit Tifus atau Rickettsia adalah suatu penyakit yang menyerang organ pencernaan yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri yang bernama Rickettsiae yang disebarkan oleh arthoropoda seperti kutu, tungau dan caplak. Lantas, bagaimana mengatasinya?

Tifus merupakan penyakit menular yang bisa menular melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Maka hendaklah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan guna menghindari adanya bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan yang kita pegang. Jika tipes belum parah, kebanyakan orang menyebutnya gejala tipes.

Makanan yang tidak bergizi, kurang serat dan kebersihannya tak terjamin. Pola makan pun sangat mempengaruhi terhadap daya tahan tubuh. Sering telat makan dan terlalu lama serta membiasakan perut kosong akan menyebabkan terjadinya infeksi atau iritasi pada lambung, kemudian menyebabkan sakit maag yang lama kelamaan beresiko menyebabakan gejala tifus. Berikut bahan yang diyakini menyembuhkan penyakit Tifus :

Cacing Kalung

Cara tradisional membuat ramuan cacing ini yaitu dengan merebus cacing kalung yang sudah dibersihkan. Agar rasa dan bau amis nya tidak terlalu menyengat, sekarang ini sudau banyak cara membuat ramuan ini seperti dibuat sirup, teh, dengan rasa yang berfariasi sesuai keinginan yang memesan. Usaha kecil dan menengah yang memanfaatkan cacing kalung ini sudah banyak berkembang di sekitar kita. Dengan kemajuan tekhnologi, seorang dokter menbuat kapsul yang berisikan serbuk cacing yang dikeringkan terlebih dahulu. Jika sudah masuk ke daftar medis, obat tifus berbentuk kapsul yang isinya cacing ini bisa dijual dengan harga yang lebih mahal. manfaat cacing kalung

Sambiloto

Khasiat dari sambiloto sudah terbukti keampuhannya, sehingga sambiloto menjadi pilihan untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah sakity tifus atau gejala tifus. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan meminum air rebusan sambiloto secara rutin 2 kali setiap hari sampai demam turun dan tifus sembuh.

Cengkeh

Selain berkhasiat menghangatkan, menjadikan cengkeh ini sebagai pilihan untuk mengobati sakit tifus ini. Caranya yaitu dengan merebus cengkeh dengan 2 gelas air, didihkan dan dinginkan kemudian minum sedikit demi sedikit setiap hari. Baca : 20 Rahasia cengkeh untuk obat tradisional yang ampuh.

Daun Keji Beling

Daun ini berperan sebagai pembasmi virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman. Khasiat daun keji beling ini sudah lama dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penyakit tifus ini disebabkan menyebarnya virus atau bakteri dalam tubuh.

Kunyit

Merupakan tanaman rimpang yang memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam mengobati berbagai macam penyakit, bahkan penyakit yang tergolong penyakit berat pun seperti magg kronis mampu diobati dengan kunyit. Sakit tifus pun dapat di atasi dengan kunyit ini. Cara tradisional nya ada 2 hal.

Cara pertama yaitu dengan membalurkan parutan kunyit pada perut, agar perut tidak panas, karena kunyit dapat meresap secara alami memberikan efek dingin pada perut atau badan yang sedang demam. Cara kedua yaitu dengan merebus rimpang kunyit dengan air 3 gelas. Didihkan sampai air tersisa segelas saja, saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat 2 kali dalam sehari sampai tifus matau demam terasa sembuh.

Babandotan Kuning

Bahan ini terkenal dengan khasiatnya untuk menyembuhkan luka dan sebagai anti infeksi. Baik luka luar maupun luka dalam dalam sudah banyak bukti dapat disembuhkan dengan khasiat yang dimiliki daun bandotan kuning ini. magg kronis pun dapat diatasinya. Baca juga obat maag alami dengan menggunakan daun bandotan kuning. Penyakit tifus ini terjadi karena adanya saluran pencernaan seperti usus yang luka. Dengan meminum air rebusan daun bandotan kuning ini, luka dalam usus bisa disembuhkan secara perlahan oleh khasiat yang terkandung didalam daun bandotan. Minum lah air rebusan bandotan kuning ini secara rutin setiap hari sampai tifus terasa sembuh.

Bawang Putih

Selama ini yang kita tahu mungkin manfaat dari bawang putih hanya sebagai bumbu masak di dapur. Namun tahukah anda, ternyata bawang putih bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Bawang putih juga dipercaya dapat melawan dan membunuh bakteri penyebab penyakit. Salah satunya adalah bakteri penyebab sakit tipus ini. Caranya yaitu dengan menumbuk atau memblender 1 siung bawang putih sampai halus kemudian menambahkan sedikit air hangat lalu peras, minum air rebusan bawang putih setiap hari sampai sakit dirasa sembuh.

Buah pepaya muda

Buah ini ternyata juga mampu membantu mengobati menyembuhkan penyakit tifus, caranya yaitu dengan memarut pepaya muda kemudian diperas. Air perasannya diminum secara rutin setiap haari sampai sakit terasa sembuh. Sakit tifus bisa dikatakan sembuh dapat dilihat dari turunnya demam yang di derita. Selain mudah didapat, mengobati tifus dengan pepaya ini juga relatif mudah.

Sawo muda

Pemanfaatan sawo muda muda sama dengan cara menggunakan pepaya, yaitu dengan cara memarut buah sawo muda kemudian diperas dan air perasan nya diminum secara rutin setiap hari sampai sakit terasa sembuh.

Mentimun

Sayuran yang mungkin sudah lama bersahabat dengan kita. Secara tidak kita sadari, setiap kita memakan mentimun, hal positif banyak kita dapat dari khasiat nya yang bersifat mendinginkan. Bahkan mentimun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, mentimun juga dipercaya dapat menyembuhkan sakit tifus atau tipes. Mentimun dapat menurunkan panas yang diderita oleh penderita penyakit tifus. Caranya bisa dimakan langsung, dijadikan lalaban atau juga bisa diparut dan diperas lalu minum airnya.

Kulit Manggis

sekarang ini sudah banyak ditemukan khasiat dari kulit manggis. Kulit manggis yang dulunya dibuang begitu saja, kini kulit manggis sudah menjadi obat penuh manfaat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk mengobati penyakit tifus pun kulit manggis bisa menjadi pilihan yang bagus. setelah memakan bijinya, jangan buang kulitnya. tapi parutlah dan seduh dengan air panas. saring dan dinginkan kemudian minum saat hangat secara rutin sampai sakit terasa sembuh.

Daun Sirsak

Zat anti kanker yang dimiliki daun sirsak menjadikan daun sirsak ini sebagai incaran banyak orang untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun sirsak pun mampu menangkal radikal bebas dan membunuh virus / bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman. Minumlah air rebusan daun sirsak ini secara rutin setiap hari sampai sakit tifus dirasa sembuh. ***