Padamkan Kebakaran dari Kejauhan

31 views

Karomah Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari (2)

Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari memiliki perawakan gemuk dan tidak terlalu tinggi. Meskipun demikian beliau sangat dihormati dikalangan masayarakat dan kalangan ulama. Beliau dikenal sangat dermawan. Apa saja ilmu yang dimiliki beliau?

Kemudian, Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi, hal ini terlihat bahwa beliau suka menyantuni fakir miskin dan janda-janda tua.

Sunggguh betapa tinggi ilmu beliau hingga menyembunyikan kedermawanannya semasa hidup hingga tiada orang lain mengetahuinya, kecuali hanya Allah dan orang-orang tertentu saja yang mengetahuinya.

Diceritakan, Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari membagi bagikan sedekah ketika malam tiba secara sembunyi-sembunyi. Menjelang pagi, fakir miskin dan janda-janda tua yang diberikan sedekah kaget dengan adanya rizeki di depan rumah mereka.

Kejadian itu terus menerus terjadi selama beliau masih hidup. Namaun setelah beliau wafat, para fakir miskin dan janda-janda tua tidak pernah lagi mendapatkan sedekah seperti biasanya.

Maka masyarakat pun menyadari akan kemulian jiwa sosial sang guru yang dalam memberi sedekah saja, ia tak mau menyebutkan namanya dan memperlihatkan jati dirinya.

Karomah

Karomah Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari sangat besar. Beliau mampu memadamkan kebakaran dari jarak jauh. Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari tidak saja memiliki keilmuan tinggi dan akhlak mulia. Namun beliau memiliki segudang keistmewaan di antaranya karomah yang biasanya nampak pada wali-wali Allah SWT.

Di antarnya terjadi pada saat beliau mengajar murid-muridnya di kediaman beliau. Di tengah-tengah pengajian beliau berkata.”Berhenti sebentar….”

Kemudian sang guru masuk kedalam dan melepaskan jubahnya. Lalu, beliau bergegas mengambil dua timba dan menuju sungai di depan rumahnya. Timba itu diisi dengan air dan disiram ke jalan raya, satu timba itu disiramkan kesebelah kanan dan satu timba disiram kesebelah kiri. Selesai melakukan hal tersebut, Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari kembali masuk kedalam rumah dan bertemu dengan ibunya.

Melihat tingkah laku aneh tersebut, kemudian ibunya keheranan. Kemudian beliau pun menjawab dengan lemah lembut bahwa beliau telah menolong orang yang terkena musibah kebakaran. Berselang beberapa hari setelah kejadian di luar nalar itu, datanglah seseorang yang sengaja berkunjung kepada beliau dengan ungkapan yang mengagetkan orang lain yang mendengarnya.

Bahwa Tuan Guru Zainal Ilmi Albanjari lah yang telah menolong memadamkan kebakaran api di suatu kampung. Yaitu di Kampung Margasari Kabupaten Tapin, yang sedang dilanda kebakaran hebat. Bahkan dengan karomah beliau, ternyata kobaran api di kampung itu dapat dipadamkan oleh Tuan Guru Zainal Ilmi dari jarak jauh.(za/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here