Waspai Serangan Aedes Aegypti

136 dibaca

Rakyat Indonesia sekarang ini lagi disibukkan dengan pandemi virus corona Covid-19. Hampir tiap detik, media massa televisi, radio, media cetak dan online tidak henti-hentinya mengupas Covid-19.

Masyarakat tidak boleh terlena, dan menyepelehkan ancaman penyakit yang mematikan. Serangan nyamuk aedes aegypti, yaitu demam berdarah dengue atau DBD. Bukan hanya melemahkan tubuh, penyakit ini juga dalam beberapa kasus, sangat mematikan. Padahal perkembangan nyamuk ini bisa ditahan andai kita melakukan upaya pencegahan yang serius.

Dilansir dari suara.com dari berbagai sumber, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah DB.

1. Bersihkan Penampungan Air

Coba tengok tetesan air yang tidak terdeteksi, baik dari AC, vas bunga, maupun dispenser yang seringkali menyebabkan genangan kecil dan luput dari pengawasan. Pada genangan inilah jentik nyamuk bisa mulai berkembang biak.

2. Tanaman Liar di Pekarangan

Siapa sangka ternyata nyamuk juga suka berkumpul di alam, terutama di antara tanaman lebat dan jarang terawat. Sisa-sisa air yang tidak terserap oleh tanah dan menggenang di sekitar tanaman bisa menjadi tempat lembap yang disukai nyamuk.

3. Kuras Bak Mandi

Nyamuk aedes aegypti betina biasa bertelur pada dinding bak yang terisi air. Larva nyamuk yang menetas dari telur kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme di sekitarnya. Seiring waktu, larva nyamuk akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa. Keseluruhan siklus ini berlangsung selama 8–10 hari dalam suhu ruang.

Maka, menguras dan membersihkan bak mandi minimal seminggu sekali adalah cara pencegahan demam berdarah paling utama untuk memutus siklus hidup nyamuk tersebut.

4. Jangan Menumpuk dan Menggantung Baju

Kebiasaan menggantung baju di balik pintu, atau menumpuk cucian kotor di pojokan kamar bukan hanya jorok tapi juga nerbahaya. Membiarkan baju menumpuk atau tergantung akan mengundang nyamuk yang memang sangat menyukai bau manusia.

5. Gunakan Kelambu

Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah, kamu bisa memasang kelambu di kamar tidur. Ini sangat berguna terlebih kelambu terbukti bisa menjadi penghalang nyamuk saat kita tertidur.(**)