Bonus Demografi Tingkatkan Partisipasi Warga Ikuti Pemilu

168 dibaca

▪︎Hasil Sidak Bupati Yes di Pelaksanaan Pemilu 2024

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Pada pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2024, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa tempat pemilihan umum (TPS) secara langsung, Rabu (14/2) di Kecamatan Ngimbang (TPS 17 Desa Sendangrejo), Modo (TPS 1 Desa Nguwok), Mantup (TPS 1 Desa Tugu), Kembangbahu (TPS 1 Desa Puter), dan Tikung (TPS 10 Desa Bakalanpule).

Dalam sidaknya, Bupati yang akrab disapa Pak Yes menyatakan adanya peningkatan partisipasi pemilih di Kabupaten Lamongan. Meskipun data angka belum bisa dipastikan, namun peningkatan dapat dilihat melalui jumlah kunjungan pemilih yang hadir di TPS masing-masing.

“Hari ini kita mengunjungi beberapa TPS di beberapa kecamatan, dan saat kunjungan masing-masing TPS sudah dalam tahapan perhitungan suara. Alhamdulillah kita lihat ada kenaikan partisipan pemilih di Kabupaten Lamongan jika dibanding dengan 5 tahun lalu. Itu menandakan masyarakat Lamongan sudah menggunakan hak pilihnya dengan baik,” tutur Pak Yes usai melakukan sidak.

Menurut orang nomor satu di Kota Soto ini, jumlah partisipan pemilih yang meningkat merupakan bonus demografi. Karena melihat data penduduk di Kabupaten Lamongan ada 1.381.414 penduduk, dengan presentase 64 persen penduduk usia produktif.

Dari lima TPS yang dikunjungi, TPS 1 Desa Nguwok Kecamatan Modo menjadi TPS unggulan tingkat Polda Jatim 2024. Hal yang mendasari prestasi tersebut ialah kelengkapan fasilitas dari TPS, salah satunya terdapat gerai UMKM. Tidak hanya Desa Nguwok, TPS 1 dari Desa Tuhu Kecamatan Mantup juga berpredikat sebagai TPS unggulan tingkat Polres Lamongan.

Pada kesempatan yang sama, Pak Yes juga menjelaskan adanya hambatan pemilihan di TPS. Diantara ialah beberapa suara tidak sah karena penggunaan surat suara tidak sesuai peraturan.

Selanjutnya adanya kekurangan logistik surat suara calon presiden. Namun demikian semua hambatan dapat langsung diatasi dengan sigap oleh Polres Lamongan beserta anggota KPPS.▪︎[DANAR SP]