Pemkab Jember Raih Juara 1 Nasional Bidang Bina Marga

84 dibaca

▪︎Dalam Rangka Peringatan Hari Jalan Tahun 2023 KemenPUPR

▪︎JEMBER – POSMONEWS.COM,-
Pemerintah Kabupaten Jember berhasil meraih juara 1 nasional bidang Bina Marga dan mendapat hadiah sebesar Rp 40 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka peringatan Hari Jalan tahun 2023.

“Alhamdulillah, Kabupaten Jember mendapatkan hadiah yang luar biasa setelah menyelesaikan program perbaikan jalan,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember.

Bupati Hendy Siswanto bersama Wakil Bupati, M. Balya Firjaun Barlaman sejak awal pemerintahannya getol melakukan pembangunan jalan di Kabupaten Jember baik proyek pembangunan tahun tunggal hingga tahun jamak (multiyears) selama dua tahun.

“Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran PU Bina Marga, para camat, kades, lurah, dan seluruh masyarakat Jember yang sudah berkolaborasi, sehingga kami mampu memperbaiki ribuan kilometer jalan,” tuturnya.

Ada sejumlah indikator penilaian yang dilakukan oleh tim Kementerian PUPR seperti kondisi pengembangan wilayah pada sektor infrastruktur kebinamargaan di daerah terkait dengan panjang jalan, jumlah penduduk, dan luas wilayah, kondisi kemantapan jalan di daerah hingga harga konstruksi/kebijakan anggaran daerah dalam penyelenggaraan jalan.

“Tercatat sudah 1.200 kilometer jalan yang sudah diaspal dan masyarakat sudah menikmati hasilnya bahwa jalan di Jember mulus,” katanya.

Dari ribuan jalan yang diselesaikan, lanjut dia, nyatanya mendapatkan nilai yang luar biasa dan pihaknya juga bersyukur bahwa Kabupaten Jember juga mendapatkan hadiah senilai Rp40 miliar setelah meraih juara 1 tersebut.

“Tentu saja uang hadiah dari Kementerian PUPR tersebut akan kembali digunakan untuk memperbaiki jalan dan jembatan karena masih ada jalan/jembatan yang rusak dan haris diperbaiki,” ujarnya.

Ia berharap anggaran tersebut dapat mengurangi kerusakan jalan atau jembatan di Kabupaten Jember karena sudah saatnya infrastruktur jalan di Jember keren.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Rahman Anda mengatakan evaluasi penilaian yang dilakukan oleh tim penilai adalah dengan melihat peraturan atau kebijakan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan jalan.

“Termasuk bagaimana ketersediaan unit reaksi cepat, unit terbarukan, hingga informasi pelayanan publik seperti sarana informasi pengaduan masyarakat, dan lain-lain,” katanya.

Berdasarkan hasil penilaian tim Kementerian PUPR bidang Bina Marga untuk kategori pemerintah kabupaten akhirnya Jember meraih juara 1 dengan mendapatkan hadiah Rp40 miliar, kemudian disusul Kabupaten Gowa dan Kabupaten Padang Lawas Utara.▪︎[FEND]