Viral, Wisata Kuliner Bubur Ayam Rocker Erwin Red Spider di Lawang

510 dibaca

Belakangan viral bubur ayam khas Bandung yang buka di atas sebuah mobil grandmax hitam yang parkir di tepi jalan di depan Taman Makam Pahlawan di Lawang Kabupaten Malang.

Ternyata, penjualnya, rocker terkenal asal Surabaya, Erwin Red Spider.

Menariknya, Erwin sendiri yang meracik dan melayani pembeli. Bagi yang mengenalnya, tak ayal, banyak yang langsung minta foto selvie bareng.

Sejak kapan buka usaha bubur ayam ini? Menurut Erwin, ia banting stir buka usaha “Bubur Ayam Bandung Bang Erwin” ini sejak tiga tahun lalu. Atau jauh sebelum pandemi.

Dia dan istrinya sejak tahun 1998 beli rumah dan hijrah ke Lawang. “Setelah diskusi dengan istri, kami putuskan jualan bubur ayam Bandung aja, di sini belum ada, kebetulan saya kan asli Bandung,” kata Erwin.

Saat pandemi tiba-tiba datang sejak Maret 2020 lalu, Erwin sudah nyaman punya usaha bubur ayam ini. “Saat pandemi, rekan-rekan musisi bingung nyari usaha lain, Alhamdulillah, saya sudah nyaman dengan usaha bubur ayam ini, ” katanya.

Tiap hari ia buka pukul 06.00 -10.00 WIB. “Kalau pas rame, bisa dapat 500 ribu perhari,” ceritanya.

Untuk nyanyi, sekali-kali ia masih tampil bareng sejumlah band di Jatim. Erwin tak hanya nyanyi lagu-lagu rock atau metal saja. “Saya juga nyanyi allround, semua genre lagu, Minggu lalu saya nyanyi di acara wedding di Surabaya,” katanya.

Red Spider yang berdiri tahun 1987 ini, kini tinggal tiga personil yakni Erwin (vokal), Bobby (drum) dan Munir (gitar).

Terakhir Red Spider mengeluarkan album yang berisi 11 lagu baru pada Juli 2013 lalu, lewat lebel Positif Art Jakarta. Dua klip lagunya “Koruptor” dan “Song For You” bisa disaksikan di channel Positif Art Music di YouTube.

Sejak album yang dirilis tahun 2013 itu, Red Spider lebih banyak vakum. “Apalagi sekarang sedang pandemi, sopo sing kate ngejob band untuk konser outdoor, ijin belum ada, syukurlah saya punya usaha bubur ayam ini,” katanya.

Untuk usaha bubur ayamnya ini, ia tidak pakai anak buah. Yang ngeracik bubur ayam, dia sendiri. Mau mencoba? (dah)