Nogososro Keris Kewibawaan

130 dibaca

Sawab yang menempel pada sebilah Keris Nagasasra Luk sebelas pamor keleng kinatah emas ini dipercaya  bisa  melanggengkan kewibawan. Werangka yang terbuat dari kayu cendana, menjadikan tosan aji yang satu ini selalu menebarkan aroma harum. Jumlah luk yang mencapai sebelas, mengisyaratkan kalau keris ini miliki karakter yang kuat  dan tidak brangasan, laksana manusia yang penuh wibawa. Berikut tulisan Adji W posmonews.com.

 Disinyalir pembuatan sebilah keris yang dilakukan oleh seorang empu, konon melalui proses yang sangat panjang. Laku tirakat, puasa pemilihan hari yang baik sampai pada pemilihan bahan baku. Semua itu dilakukan, semata-mata agar keris yang dibuat, benar-benar memenuhi selera si pemesan. Terlebih lagi, yoni yang ditiupkan pada sekujur bilahnya benar-benar bisa mewakili  kekuatan gaib seperti yang diinginkan. Karenannya pembutan sebilah keris, tak jarang membutuhkan waktu yang sangat lama.

Adalah sebilah keris Nagasasra luk sebelas kinatah Emas dengan mendak selutnya  terbuat dari perak dan bertahtakan berlian warna  hitam mengkilap, menjadikan warisan leluhur yang satu ini miliki tampilan yang sangat gagah,berkakarakter tapi tidak brangasan.  Kemudian unsure keindahan yang ada pada pusaka ini, terlihat pada werangkanya yang terbuat dari kayu cendana murni dari NTT , sehingga selalu menebarkan aroma harum.

Tuah Yang Komplit

Sebagai pusaka yang tergolong tua, sawab dari pusaka ini sungguh sangat komplit. Diantaranya untuk kepangkatan kondang dengan nama junjung drajat, kemudian aura kewibawaan juga kekuasaan serta sangat dikdaya untuk pagar gaib. Lain dari pada itu, keris Nagasasra ini juga bersawab kejayaan, kewibawaan, jabatan, pengayom sekaligus panutan dan tauladan. Tuah lain yang juga ada pada  pusaka ini adalah untuk kepemimpinan dan juga kekayaan serta pengasihan dan  pemikat.Kemudian menangkal bencana juga kesialan  dan tentu saja keselamatan dan tolak balak.

Romo Robet Setiawan, Pemilik Keris ini warisan dari pendahulu saya, dari  mendapat keris ini saya rawat sampai sekarang. Saya punya koleksi ratusan keris, dan salah satunya ya keris ini . Keri itu merupakan hasil seni dari seorang empu, dan itu hanya ada di nusantara. Ya, semoga  tosan aji yang ada di nusantara ini terus terjaga kelestariannya dan  sudah selayaknya  kita menghargai  hasil karya  nenek  moyang bangsa nusantara. Dan keris Nagasasra milik saya ini termasuk keris tangguh mataram senopaten. ***