KemenPUPR Alokasikan 400 Miliar Perbaiki 15 Ruas Jalan Jabar

411 dibaca

▪︎JABAR-POSMONEWS.COM,-
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar Rp 400 miliar untuk memperbaiki 15 ruas jalan dalam program Inpres Jalan Daerah (IJD) di Jawa Barat pada 2023.

Hal tersebut disampaikan dalam kunjungannya ke Bogor bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin pada hari Ahad, 17 September 2023.

Menteri Basuki menjelaskan, program IJD di Jabar pada 2023 ini menyasar 15 ruas, dengan dua di antaranya berada di Kabupaten Bogor, yakni ruas Jalan Sukamakmur-Sukawangi dan Jalan Mengker-Gunung Batu yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

“Salah duanya ada di sini (Kabupaten Bogor), seperti Jalan Sukawangi sampai ke Citereup, sekitar 11 kilometer,” kata Menteri Basuki dalam keterangannya.

Perbaikan ruas jalan ini, menurut Basuki, untuk meningkatkan konektivitas dari Kabupaten Bogor dengan Cianjur. Dengan begitu, jalur logistik akan diperbaiki sekaligus mengurangi kemacetan di Jalan Raya Puncak, serta pengembangan objek wisata baru di Kabupaten Bogor.

Menteri Basuki menargetkan perbaikan 15 ruas jalan program IJD di Jawa Barat tersebut bisa rampung sebelum berganti tahun. “Untuk 15 ruas jalan tahun 2023 tersebut, ditargetkan akan selesai pada Desember ini,” ucapnya.

Adapun Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan bahwa perbaikan jalan melalui program IJD ini sebagai bentuk perhatian pemerintah pada aksesibilitas masyarakat di daerah.

Program IJD tahun 2023 secara keseluruhan di seluruh Indonesia, totalnya 2.800 kilometer dan 2.300 meter jembatan, total anggarannya adalah Rp 14,6 triliun.

“Jadi ini bukti bahwa pemerintah juga memperhatikan jalan-jalan di daerah untuk diperbaiki,” kata Bey.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Bogor tersebut, Menteri PUPR dan Bey Machmudin juga meninjau lokasi pembangunan Bendungan Cibeet selain jalan program IJD 2023.

Pembebasan lahan untuk pembangunan bendungan ini, kata Bey, tengah dilakukan secara bertahap.

“Tahun 2021 ada banjir, dan bendungan ini salah satu pengendaliannya, negara hadir dengan segera membangun Bendungan Cibeet dan Cijuray.”▪︎[FEND]