Sensasi Menikmati Makanan Suku Baduy

602 dibaca

▪︎BANTEN-POSMONEWS.COM,-
SUKU Baduy memang tergolong unik. Masyarakatnya masih tetap memegang teguh prinsip-prinsip ajaran nenek moyangnya. Tak terkecuali dengan makanannya mempunyai ciri khas tersendiri.

Seperti tradisi masyarakat Suku Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Memang keberadaan Suku Baduy Luar terbilang lebih terbuka, sedangkan Suku Baduy Dalam cenderung tertutup dari segala pengaruh modernisasi.
Meski demikian, keberadaan Suku Baduy tak jauh berbeda.

Lantas bagaimana tentang makanan dan jajanan khas Suku Baduy? Sepintas terlihat tidak jauh berbeda dengan di Suku Jawa, baik di Jawa Timur, maupun Jawa Tengah.

Masyarakat Suku Baduy, ayam tergolong menjadi makanan yang terbilang mewah. Sehingga, daging ayam hanya disajikan sebulan sekali saat acara besar atau upacara adat.

Suku Baduy juga punya beberapa menu masakan yang biasa disantap oleh warganya setiap hari. Di antara menu makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Suku Baduy:

▪︎Otak-otak Labuan

Makanan khas Suku Baduy, Otak-otak Labuan merupakan makanan terbuat dari olahan daging ikan tenggiri. Otak-otak terbuat dari daging ikan tenggiri yang dihaluskan dan kemudian dicampur dengan santan, bawang putih, tepung tapioka, gula pasir, merica, dan garam.

Semua adonan tersebut dicampur dan dibungkus dengan daun pisang. Otak-otak dibakar di atas arang hingga matang dan mengeluarkan aroma harum.
Dalam penyajiannya, otak-otak labuan disajikan dengan tambahan saus sambal kacang.

Otak-otak ikan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Gresik, hanya saja kalau di Gresik bahannya kebanyakan dari ikan bandeng. Soal rasa, baik di Suku Baduy maupun di Gresik tidak jauh berbeda.

▪︎Pasung Merah

Kue Pasung merah adalah kue khas Suku Baduy. Makanan ini kini sudah banyak ditemui di kawasan Kabupaten Serang, Lebak, Pandeglang dan Cilegon. Makanan ini hampir banyak ditemui di penjual-penjual makanan di kota. Namun, ada rasa khasnya bila kita menikmati bikinan asli dari Suku Baduy.

Kue Pasung ini biasanya disajikan dalam beberapa acara kecil dan acara besar lainnya. Kue Pasung merah memiliki rasa khas manis dan bertekstur kenyal.

▪︎Apem Putih

Makanan apem putih juga menjadi makanan khas dari Suku Baduy. Olahan apem ini terbuat dari beras yang digiling hingga menjadi tepung. Bahan-bahannya tidak jauh berbeda dengan apem-apem bikinan Suku Jawa. Bedanya, apem Suku Baduy kebanyakan dikukus.

Kemudian dicampur dengan tape fermentasi dan dibentuk menjadi apem yang berukuran kecil. Apem putih biasanya dinikmati bersama dengan gula merah cair untuk membuat cita rasanya lebih manis.

▪︎Kue Balok Menes

Kue balok menes ini makanan khas dari Suku Baduy, jajanan tersebut banyak dijual dan berkembang di luar kawasan Suku Baduy. Sajian kue ini terbuat dari bahan singkong putih dan dibentuk menjadi segi empat.
Kue ini bertekstur lembek dan kenyal ini biasanya dihidangkan dengan bawang goreng dan serundeng di atasnya.

▪︎Jojorong

Namanya terdengar aneh. Makanan khas dari Suku Baduy adalah jojorong. Jajanan ini banyak dijual Banten, ternyata berasal dari Suku Baduy. Sajian kue ini terbuat dari bahan tepung kanji, tepung beras, dan gula merah. Kue jojorong memiliki tekstur lembut dan bercita rasa manis.

Pingin mencoba? Berkumjung saja ke Suku Baduy Luar atau pun Baduy Dalam, di sana banyak tersaji baik makanan khas maupun daya tarik alamnya sangat menakjubkan.▪︎[ZA/ALAMS]