Mitos Curug Bojong Koneng Persinggahan Bidadari Mandi

766 dibaca

▪︎BOGOR-POSMONEWS.COM,-
CURUG Bojong Koneng, berganti nama menjadi Curug Bidadari. Mengapa berganti nama? Dipercaya, tempat pemandian alami itu merupakan persinggahan para bidadari untuk mandi. Benarkah mitos tersebut?

Curug Bidadari berada di kawasan Sentul Paradise Park Bogor, Jawa Barat. Air terjun tersebut di wilayah Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

Menurut mitos, masyarakat setempat percaya bahwa curug ini menjadi tempat persinggahan para bidadari mandi. Hal ini disebabkan oleh adanya pelangi yang muncul di curug ini. warga menduga bahwa pelangi tersebut merupakan “jembatan” para bidadari ketika datang ke Curug Bidadari.

Selain mitos tersebut, ada pula kepercayaan masyarakat menyebutkan bahwa di curug ini kerap terdengar suara tawa-tawa wanita. Namun, ketika didatangi tidak ada siapa-siapa disana.
Oleh sebab itu, warga percaya bahwa curug ini menjadi tempat pemandian para bidadari. Kemudian, warga menamai curug ini sebagai Curug Bidadari.

Dengan adanya Curug Bidadari, bahwa Bogor itu bukan hanya melulu tentang wisata puncak. Selain Bandung, Bogor merupakan tujuan wisata yang ramai dikunjungi akhir pekan.

Rata-rata pengunjung datang ke Bogor berasal dari Jakarta. Walau demikian, wisatawan yang datang dari luar daerah juga tidak sedikit.
Meskipun didesain modern, namun suasana hijau nan sejuk dari kawasan hutan lindung sekitar air terjun tersaji dengan indah.

Di bawah air terjun tersebut terdapat kolam penampungan sengaja dibuat mirip dengan kolam renang. Wisatawan juga dapat menikmati keseruan bermain pasir putih di pinggiran kolam yang didatangkan langsung dari Pulau Bangka.

Keeksotisan Curug Bidadari makin terpancar oleh penampakan batu raksasa terdapat di tengah kolam. Tak hanya kolam utama seluas 6.400 m2 ini, wisatawan juga bisa menikmati kolam lain yang tersedia, yakni kolam arus (Wave Pool) untuk orang dewasa dan Lazy Pool buat anak-anak. Di tempat itu juga ada beberapa sarana rekreasi; perahu tangan, dan flying fox.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini di kawasan elite Sentul Paradise Park yang masih asri dan terjaga, dengan udara sejuk. Aliran air di Curug Bidadari berasal dari hutan lindung di sekitarnya sehingga airnya begitu segar. Tepat di bawah air terjun terdapat kolam penampungan yang dibuat sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa menikmati kesegaran airnya.

▪︎Fasilitas di Curug Bidadari

Di area Curug Bidadari, selain kolam utama dibuat dangkal sehingga aman bagi pengunjung yang ingin menikmati sensasi curahan air terjun jatuh dari atas, terdapat juga beberapa kolam lainnya seperti kolam arus atau Wave Pool, dan Lazy Pool kolam khusus bagi anak-anak bermain sedalam kurang lebih 50 cm.

Untuk mengisi perut, wisatawan tak perlu jauh-jauh karena di tempat ini terdapat restoran atau warung makan yang menyediakan berbagai menu.

▪︎Rute Menuju Curug Bidadari

Menuju objek wisata Curug Bidadari terbilang sangat mudah. Jika dari Tol Jagorawi keluar pintu Tol Sentul Selatan kemudian berbelok ke arah kiri dan diteruskan sampai ada simpangan jalan lalu ambil serong ke kiri. Setelah itu nanti melewati perumahan-perumahan di kawasan Sentul dan masuk ke jalan desa.

▪︎The Little Venice
Untuk memasuki lokasi air terjun tersebut memiliki akses cukup sulit karena letaknya tersembunyi di balik bukit. Agar bisa sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer.

Guna membuka akses jalan, bukit tersebut akhirnya digali dan diubah menjadi kolam penampungan. Batu besar yang ditinggalkan di tengah kolam tersebut merupakan batu asli dari dalam bukit yang digali.

▪︎Persembunyian Jaka Tarub

Menurut cerita beredar di masyarakat, diantara bebatuan raksasa tersebut terdapat celah konon merupakan tempat persembunyian Jaka Tarub saat mengintip para bidadari dari kahyangan yang sedang mandi di air terjun itu. Itulah mengapa air terjun ini diberi nama “Curug Bidadari”.

Curug Bidadari menjadi primadona masyarakat Bogor karena pesona alamnya yang indah dan menjulang tinggi. Terlebih lagi, lokasinya berada di daerah Sentul cukup strategis dan mudah dijangkau.

Di sepanjang kawasan ini wisatawan akan disuguhi pemandangan perbukitan yang hijau dan asri. Curug ini menjadi bagian dari objek wisata Sentul Paradise Park. Uniknya, pengelolaan air terjun ini tidak hanya menyuguhi pemandangan alami saja. Namun, wisatawan juga bisa bermain bersama keluarga di kolam renang dekat air terjun.▪︎[ZA/ALAMS]