Kunjungan Kampus SMANKAR 2022, Bidik PTN Terbaik Kota Atlas

460 dibaca

▪︎LAMONGAN-POSMONEWS.COM,-
Kunjungan kampus merupakan suatu kegiatan yang diadakan di suatu sekolah untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru di dunia kampus serta dapat dijadikan opsi sebelum masuk ke jenjang universitas.

Terkait dengan kampus yang akan dikunjungi tentu saja menyesuaikan keinginan dan passion masing-masing, seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan (SMANKAR, red) yang memilih kota Semarang, Jawa Tengah sebagai rekom bagi para siswa memilih PTN favorit dan ternama di wilayah tersebut.

Kegiatan Kunjungan Kampus berlangsung tanggal 13-15 Desember 2022, siswa kelas XII seluruh jurusan IPA-IPS berkesempatan untuk mengunjungi kampus terbesar dan unggulan di kota Atlas, Semarang, Jawa Tengah yakni UIN Wali Songo dan UNDIP (Universitas Negeri Diponegoro).

Kepala SMA Negeri 1 Karangbinangun, Drs. H. Ali Nurdin, M.Pd menjelaskan pentingnya kegiatan tersebut untuk siswa kelas XII.

“Selain siswa diajarkan materi-materi pengayaan dan dibiasakan mengasah kemampuannya setiap pekan melalui Try Out berkala, siswa di SMA Negeri 1 Karangbinangun, Kab. Lamongan pun diajak untuk mengunjungi kampus demi melihat lebih jauh tentang suasana perkuliahan dan menggali informasi lebih banyak mengenai perguruan tinggi dan sistem perkuliahan di dalamnya,” tegasnya.

Sedangkan Ketua Panitia Kunjungan Kampus, Drs. Moh. Suud, M.Pd menambahkan bahwa dengan program Kunjungan Kampus seluruh siswa kelas XII sudah diperkenalkan dengan perguruan tinggi.

“Kunjungan tahun ini Smankar memilih ke wilayah Semarang, kalo yang sebelumnya berada di Jatim. Ini sebagai pilihan atau variatif dan alternatif baru alumni kita .
Sedangkan kunjungan kampus ini sendiri dilakukan agar para siswa sudah memiliki gambaran perkuliahan yang akan diambilnya, kelak selepas lulus dari bangku SMA,” tuturnya.

Data yang dihimpun media ini, sebanyak 288 siswa kelas XII dan guru, diantaranya 3 Waka, 7 Wali kelas serta 5 pendamping itu diterima dengan hangat oleh perwakilan dari Humas dan Kantor Informasi Publik dua kampus terbaik di Semarang ini.

Di UIN Wali Songo para siswa dimanjakan di ruang Planetariumnya yang spektakuler terbesar Asia Tenggara. Di ruangan berbeda juga diterima di Ruang Teater untuk pemaparan informasi.

Demikian juga di UNDIP, rombongan Smankar diterima dengan sambutan yang luar biasa. Sivitas Kampus khususnya Fakultas Sospol, mengapresiasi kunjungan ini sebagai yang terbesar sehingga pihaknya menghadirkan seluruh Ketua Prodi di Fakultas ini.

Khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro rombongan SMA Negeri 1 Karangbinangun disambut di ruang Auditorium Gedung A lantai 3 kampus FISIP Undip Tembalang tersebut dihadiri oleh Agus Naryoso, S.Sos., M.Si (Ketua Prestasi Mahasiswa), Supervisor Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Undip, serta perwakilan dosen dari program studi di lingkungan FISIP Undip.

Kegiatan di dua kampus ini berlangsung sejak pukul 09:00 hingga 16:00 WIB, disana siswa memperoleh informasi berbagai hal tentang UIN Wali Songo, dan UNDIP seperti jalur masuk, pembiayaan, beasiswa, suka duka selama perkuliahan tingkat sarjana, dan hal-hal lain yang bersifat semi-formal dalam perkuliahan.

Antusiasme siswa tergambar dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada penyampai informasi. Tiga siswa yakni Ahmad Pandu Pratama, Anggara Candra Kirana, dan Nur Farhanah K yang mewakili rekan-rekannya untuk bertanya perihal tips atau motivasi, kemudahan masuk di kampus, beasiswa, dll.

Selepas kegiatan utama yakni kunjungan, tidak lupa di hari kedua para siswa diajak untuk refreshing, mengunjungi beberapa Destinasi Wisata atau Eksplor Wisata menarik di Semarang. Seperti Cagar Budaya Lawang Sewu, Kota Lama, Kampung “Kuliner khas” Semarang dan Dusun Semilir. Kegiatan berjalan lancar hingga perjalan pulang dan sampai di SMANKAR, Kamis (15/12/2022) dini hari.▪︎[DANAR SP]