Doa Mustajabah di Sujud Terakhir dalam Salat

251 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
SUJUD dalam salat merupakan bentuk kepatuhan hamba kepada sang Khaliq. Begitu juga doa-doa cara dilakukan manusia untuk berkomunikasi kepada Allah SWT. Benarkah doa saat sujud terakhir dalam salat sangat mustajabah?

Dalam berdoa kita mengucapkan syukur, meminta ampunan, serta memohon hal-hal yang baik untuk di dunia maupun di akhirat.
Ada waktu-waktu mustajabah dalam berdoa. Salah satunya saat sujud terakhir di setiap salat. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam HR. Muslim berikut:

Dari Abdullah bin Abbâs RA, Rasûlullâh bersabda:

“Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa pada-Nya, karena pantas untuk dikabulkan doamu (pada waktu itu)” (HR. Muslim).

Dinukil dari laman popmama.com bahwa ada tiga doa yang selalu diijabah oleh Allah SWT. di sujud terakhir dalam salat.

1. Doa Pertama:

Meminta agar diwafatkan dalam keadaan husnulkhatimah. Saat sujud terakhir, mintalah kepada Allah SWT agar diwafatkan dalam keadaan husnulkhatimah dengan membaca doa berikut:

اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

“Allahumma inni as’aluka husnal khotimah.”

Artinya:
“Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khotimah.”

2. Doa Kedua:

Meminta agar diberikan kesempatan taubat sebelum wafat. Manusia tak luput dari kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Bertaubat adalah salah satu cara untuk kembali kepada Allah SWT serta memohon ampun atas kesalahan dan dosa-dosa yang pernah dilakukan serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatan tersebut.
Namun tak semua orang bertaubat sebelum meninggal dunia. Maka, mintalah agar diberikan kesempatan bertaubat sebelum wafat dengan membaca doa berikut ini:

اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

“Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut”

Artinya:
“Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat”

3. Doa Ketiga:

Meminta hati kita ditetapkan di atas agama-Nya. Tak sedikit seseorang yang awalnya rajin beribadah kemudian keimanannya menjadi goyah hingga kufur terhadap Allah SWT.

Untuk itu, mari berdoa dan meminta agar hati ini ditetapkan di atas agama-Nya hingga akhir zaman.  Maka dari itu, mintalah agar  hati kita ditetapkan di atas agama-Nya dengan membaca doa berikut:

اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

“Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika”

Artinya:
“Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU”

Keutamaan membaca tiga doa di sujud terakhir dalam salat. Membaca tiga doa di sujud terakhir memiliki beberapa keutamaan:

1. Waktu paling dekat dengan Allah SWT

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah bersabda:

“Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa” (HSR. Muslim)

2. Waktu terkabulnya doa

Dari Abdullah bin Abbâs RA, Rasulullah bersabda:

“Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa padanya, karena pantas untuk dikabulkan doamu (pada waktu itu)” (HSR. Muslim)

3. Anjuran Rasulullah

Dari Abu Umamah RA, bahwa Rasulullah pernah ditanya:

“Doa apakah yang paling didengar (dikabulkan oleh Allah)? Rasulullah bersabda: “(Doa) di tengah malam (akhir malam) dan di ujung (akhir) salat-salat (lima waktu) yang wajib.” (HR. At-Tirmidzi, no. 9936 dan an-Nasa-i , 6/32. Hadits ini dinyatakan hasan oleh Imam at-Tirmidzi dan Syaikh al-Albani.)

4. Waktu paling khusyuk

Dari Anas bin Malik RA, bahwa Rasulullah bersabda:

“Allah menjadikan qurratul ‘ain (penyejuk hati/penghibur jiwa) bagiku pada (waktu aku melaksanakan) salat” (HR. Ahmad, 3/128 dan an-Nasa-i , 7/61. Hadits ini  dinyatakan shahih oleh syaikh al-Albani.)

Itulah tadi keutamaan beserta tiga doa yang dapat diterapkan dan diamalkan, semoga amal ibadah kita diterima Allah dan doa-doa kita dikabulkan…amin.**(zi)