Keutamaan Dzikir Allahumma Antassalam Ijazah Mbah Moen

242 dibaca

▪︎POSMONEWS.COM,-
SEBELUM wafat KH. Maimoen Zubair (Mbah Moen), banyak memberikan ijazah. Menurutnya ada sebuah dzukir yang harus dilakukan bagi orang-orang berusia senja. Apa dzikir tersebut? Lantas apa keutamaannya?

Ada satu dzikir yang mesti dibaca oleh orang yang sudah mulai sepuh dan menua. Mbah Moen membeberkan dzikir tersebut dalam sebuah kesempatan. Bacalah dzikir; “Allahumma antassalam” sesering mungkin.

Lantas apakah keutamaan dzikir tersebut? Simak artikel ini sampai selesai agar dapat jawaban lengkap, dikutip dari laman portalsulut.com

Kata Mbah Moen, perbanyaklah dzikir “Allahumma antassalam waminkassalam, wailaika yaudussalaam”. Sebab dzikir tersebut memiliki keutamaan bisa membuat seseorang wafat dalam keadaan husnul khatimah.

Oleh karena itu, kata kiai dari Rembang, Jawa Tengah itu, dzikir ini cocok untuk orang yang usianya semakin tua. Sedangkan waktu yang tepat untuk membaca dzikir ini antara lain adalah setelah salat fardhu.

“Amalan setelah salat bacalah ini, Allahumma antasalam wamingkassalam fahayyinarobbana bissalam waadkhilna jannata darrossalam tabarrok tarobbana watawa’alaita ya dzal jalaliwalikrom,” terang Mbah Moen.

Artinya:
“Ya Allah Engkaulah Dzat yang memberi keselamatan, Dzat yang pemberi petunjuk dan rahmat dan Engkaulah keselamatan petunjuk dan rahmat, saya Engkau hidupkan dengan dapat petunjuk dan rahmat. Saya mohon untuk masukkan saya ke surga seperti yang Engkau janjikan. Engkau Dzat Maha Berkah, Maha Besar.”

Karena kandungan dari dzikir tersebut, maka dzikir seperti ini sangatlah cocok untuk orang yang sudah mulai sepuh.

Ya dzal jalaliwalikrom, maka orang yang sudah tua dan mendekati mati perbanyak membacanya,” sambung Mbah Moen.

Di samping itu, Mbah Moen juga menganjurkan untuk baca surah Al-Insyiroh dan Al-Fiil ketika mengerjakan sholat qobliyah Subuh.

“Jadi waktu Subuh amalkan qobliyyah Subuh bagi yang masih muda di rakaat pertama membaca surah Al-Insyiroh dan di rakaat kedua membaca surah Al-Fiil,” terang Mbah Moen.

Kedua surah tersebut akan membuat kita terhindar dari fitnah bila kerap kita amalkan.

Di samping itu masih ada juga dua amalan dari Mbah Moen yang bisa kita amalkan.

1. Amalkan Kalimat Tasbih

Menurut Mbah Moen, pada akhir zaman, amalan ini sangatlah penting untuk dibaca.

“Maka di akhir zaman amalkan sunnah tersebut jika habis sholat Subuh, bacalah, ‘Subhanallah wabihamdihi subahanallah hil’adzim astagfirullah,’ dibaca 100 kali,” terang Mbah Moen.

Manfaat dari amalan tersebut adalah akan diberikan rezeki luas serta selalu terhindar dari hutang.

“Kanjeng nabi berkata, barangsiapa mau membaca amalan tersebut 100x di waktu fajar asal di fajar yang sungguh-sungguh bukan fajar saya, akan diberi rezeki yang luas dan terhindar dari hutang,” kataNYA.

2. Baca 100 Kali Tiap Hari

“Apalagi mau membaca, Subhanallah wabihamdihi subhanallah hil’adzim astaghfirullah, dibaca 100x,” Mbah Moen memungkasi.

Demikianlah penjelasan Mbah Moen tentang dziir Alahumma antassalam serta amalan lain yang bermanfaat untuk kita.
Wallahualam.**(zi/pst)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here