Minum Air Rebusan Serai Rontokkan Karang Gigi

234 dibaca

KARANG gigi menjadi masalah bagi kesehatan mulut dan keindahan gigi. Bahan bisa menjadi penyebabkan kerusakan dan gigi berlubang.

Dari hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018 menyatakan, sebanyak 45,3 persen masalah gigi di Indonesia adalah gigi rusak, berlubang dan sakit.

Karang gigi biasanya disebabkan plak yang tidak dibersihkan secara rutin hingga mengeras dan sulit terlepas.

Plak adalah lapisan biofilm yang menempel pada permukaan gigi dan memasuki kantong gusi.
Plak disebabkan sisa makanan yang tertinggal dalam mulut yang kemudian bereaksi dengan bakteri.

Oleh karena itu, setiap orang diharuskan membersihkan sela-sela gigi setiap saat agar sisa makanan tak berubah menjadi plak.

Biasanya, mereka yang memiliki karang gigi yang sudah parah harus pergi ke dokter untuk membersihkannya. Namun, membersihkan karang gigi bisa diusahakan dengan ramuan herbal air rebusan serai.

Dengan meminum air rebusan serai secara rutin, karang gigi bisa lepas sendiri seiring waktu, seperti dilansir dari laman KOMPAS.TV.

Membersihkan Karang Gigi

Melansir dari Health Site, berkumur dengan air rebusan serai bisa membuat karang gigi rontok sendiri.

Serai yang dikenal sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat membantu menghilangkan lapisan dibentuk oleh bakteri yang membentuk karang gigi.

Selain itu, dalam penelitian yang dilakukan oleh Global Journal of Medical Research, serai memang efektif untuk membuat karang gigi lepas sendiri.

Air rebusan serai juga dapat membuat napas menjadi lebih segar dan terhindar dari bau yang tak sedap. Cara membuat air rebusan serai untuk membersihkan karang gigi sangat mudah sekali.

Langkah Membuat Iir Rebusan Serai:

1. Siapkan serai, potong kecil-kecil.

2. Didihkan satu gelas air dalam panci, setelah mendidih masukkan potongan serai.

3. Tunggu 10-15 menit atau sampai air rebusan berwarna kekuningan.

4. Saring untuk memisahkan potongan serai dan airnya.

5. Tunggu hingga dingin dan gunakan untuk kumur. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kumur-kumur menggunakan air rebusan serai dua kali sehari setelah sikat gigi.
**(za/alams)