Mengatasi Diabetes dan Lindungi Jantung

229 dibaca

• Manfaat dan Efek Samping Daun Johar (4)

Ekstrak daun dan akar dari johar dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi serta kadar trigliserida dalam darah dan meningkatkan produksi insulin. Ini sangat baik digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes dan mengendalikan kadar gula darah yang tinggi.

Menurunkan Tekanan Darah

Ekstrak daun dan akar johar dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi secara signifikan. Ini sangat baik untuk pasien hipertensi dan mencegah penyakit serangan jantung serta stroke.

Melindungi Jantung dan Ginjal

Ekstrak daun dan akar johar dapat menurunkan kadar lemak jahat serta racun yang dapat merusak jantung. Ekstrak ini juga dapat mengendalikan detak jantung dan berat jantung sehingga mencegah gangguan pada jantung seperti angina dan gagal jantung.

Ekstrak kulit batang, bunga muda, dan biji dari johar juga dapat melindungi ginjal serta mengatasi nyeri saat buang air kecil atau dikenal dengan disuria.

Aman untuk Pasien Obesitas

Ekstrak daun dan akar dari johar dapat dikonsumsi oleh pasien obesitas untuk menurunkan berat badan, kadar lemak dalam tubuh, serta kadar gula dalam tubuh. Ini sangat baik untuk membantu proses diet dari pasien obesitas.

Mencegah Kanker dan Tumor

Ekstrak daun dan kulit batang dari johar dapat merusak sel kanker serta tumor dan mencegah pertumbuhan dari sel kanker dan tumor secara signifikan, seperti kanker payudara dan kanker usus.

Infeksi dan Gangguan Kulit

Ekstrak daun dan kulit batang dari johar dapat mengatasi gangguan serta infeksi dari kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur seperti bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis serta jamur candida albicans.

Beberapa infeksi dan gangguan kulit yang dapat diatasi adalah jerawat, kudis, bisul, dermatitis, kulit bernanah, herpes, serta radang kulit.

Mengatasi Cacingan

Ekstrak biji johar dapat melawan parasit atau cacing yang dapat menyebabkan infeksi pada usus atau sering dikenal dengan penyakit cacingan.

Selain itu, biji dan akar johar juga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun atau bisa dari gigitan ular serta kalajengking.

Mengatasi Anemia

Ekstrak daun dari johar dapat digunakan untuk menambah darah pada penderita anemia dan ini telah banyak digunakan di beberapa negara seperti India.

Ekstrak bunga dan daun dari johar dapat digunakan untuk mengurangi sesak napas dan memperlancar saluran pernapasan.

Ini baik untuk penderita asma dan telah digunakan di beberapa negara sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi asma dan batuk.(zi)