Cak Sodiq Ingat saat Hibur Panti Jompo

172 dibaca

• Ada Kakek Nenek Jatuh Cinta

Cinta tak kenal batas usia dan tempat. “Di panti jompo pun, kakek nenek jatuh cinta ha ha ha,” kata Cak Sodiq sambil ngakak, saat mengenang sebelum pandemi lalu, ia dan orkesnya, OM New Monata, menghibur di sebuah penghuni Panti Jompo di Kabupaten Pasuruan.

Dikisahkan pimpinan OM New Monata ini, saat ia dan artis-artisnya ketika datang, disambut penghuni dengan suka cita. “Ada yang mbrebes mili, joget-joget, ada juga yang malah ribut,” katanya.

Ribut? Ya, yang ribut itu adalah dua nenek-nenek, yang rebutan cowok, seorang kakek-kakek. “Delokno kelakoane kudu ngguyo, tapi piye maneh, jenenge cinta,, cinta tak pernah salah, ha ha ha ” kata Cak Sodiq kepada posmonews tak lama berselang.

Di rumah penitipan manula itu, ada puluhan penghuni. “Ada yang dikirim keluarganya ke sini, sebagian lagi ada yang ditemukan warga di tepi jalan, lalu dikirim ke sini,” katanya.

Yang membuat Sodiq tak percaya dan sedih, ada nenek-nenek yang ditinggal begitu saja oleh anaknya di sebuah SPBU di Pandaan.

“Anaknya pergi dan janji akan jemput lagi, ditunggu sampai malam, anaknya gak pernah datang lagi. Akhirnya oleh petugas SPBU, nenek itu diserahkan ke Dinas Sosial, ya terus dimasukkan ke panti jompo, kebacut temen anak’e iku,” ujar bapak enam anak yang sudah dikaruniai dua cucu ini.

Sisi hepinya, saat Cak Sodiq menghibur, puluhan jompo tampak senang sekali. Mereka request lagu-lagu dangdut lama, joget-joget, saling berpelukan, malah ada yang nangis ingat masa mudanya dulu yang bahagia.

“Aku dadi mikir dewe iki, yok opo tuwekku besok, opo anak-anakku tego koyok iku, ngirim aku ke panti jompo, “ujar Cak Sodiq sedih.

Usai pandemi nanti, InshaAllah Cak Sodiq ingin keliling lagi ke panti-panti jompo di kota-kota lain di Jatim. “InshaAllah pengen lagi menghibur panti jompo lagi, seneng pol pokok’e,” kata penyanyi berambut gimbal ini. (dah)