Sembuh dari Covid-19, Irina Soeprapto Kosumsi Rebusan Daun Kelor

893 dibaca

Mantan penyiar radio dan owner Event Organizer (EO) Swa Production Malang, berbagi resep mujarab. Yakni ia sembuh dari covid-19, dengan mengkosumsi rebusan daun kelor.

REBUSAN daun kelor? “Iya, tak hajar daun kelor tiap hari, Alhamdulillah sembuh, padahal dokter menyarankan saya masuk ICU karena sudah berat, tapi dengan air rebusan daun kelor, berangsur sembuh, gak sampai masuk ICU, ” kata mantan penyiar radio KDS-8 Malang ini kepada posmonews tak lama berselang.

Hanya saja, sang suami, Abah Suudi, tak tertolong. Suaminya yang sama-sama masuk Rumah Sakit ( RS) di Malang karena Covid-19 ini, meninggal.

“Sayangnya bojoku gak sempat minum air kelor,” katanya.

Ketika ada kakek rekannya yang berusia 82 tahun dinyatakan positif covid-19, Irina membagi resepnya ini: Minum rebusan air kelor.

“Alhamdulillah, beliau juga sembuh, setiap ada temen yang kena covid-19 sekarang saya anjurkan rebusan daun kelor, wis talah cobaen, aku wis ngalami dewe,” cerita Irina yang tinggal di daerah Kedawung, Malang ini.

Diceritakan Irina, sejak ia minum air rebusan kelor, darahnya yang mengental, jadi cair. Juga paru-paru dan jantungnya dinyatakan sembuh. Dada tidak sesak lagi. Nafas enak.

Di kalangan pekerja event di Indonesia, nama SWA Production dari Malang, sangat terkenal. Sejak tahun 2000-an, jobnya tak cuma di Jatim. Tapi SWA juga sudah gelar ratusan tour konser band di penjuru Indonesia, ratusan event gathering dan launching BUMN dan perusahaan-perusahan ternama.

Irina bersyukur, ia dapat hidayah sembuh, walau sejak pandemi, dunia entertainment mati suri.

“Yang penting aku sembuh dari covid-19 pakai daun kelor,” katanya.

Apa Saja Manfaat Daun Kelor?

Manfaat daun kelor ternyata memang dahsyat. Daun dan biji kelor ternyata dapat melindungi tubuh dari beberapa efek toksisitas arsenik.

Dalam buku “Analisis Ekstrak Daun Kelor Pada Pengobatan Diabetes Mellitus” yang ditulis Qurratu Aini, SSi, MPd, dijelaskan bahwa daun kelor memang memiliki rasa yang agak pahit, netral, dan tidak beracun.

Namun hasil analisis menunjukkan daun kelor memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Kelor mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.
Membantu melawan diabetes
Menurut jurnal Verywell Health, hasil penelitian bahwa daun kelor dapat membantu mencegah diabetes karena mampu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait.

Daun kelor juga dapat membantu mencegah diabetes karena meningkatkan produksi insulin.

Menurut jurnal Nutrients pada 2018, bahwa daun kelor dapat mengurangi lonjakan gula darah pasca-makan pada penderita diabetes.

Daun kelor juga bermanfaat mencegah penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Daun kelor juga menghasilkan isothiocyanate yakni senyawa anti-peradangan, melindungi tubuh dari beberapa efek toksisitas arsenik.

Dan kini, Irina Soeprapto menyarankan, bila ada keluarga yang terkena covid-19 silakan minum air rebusan daun kelor.

“Asli saya alami, silakan dicoba, ambil beberapa daunnya sak genggem terus direbus, begitu mendidih, ambil air rebusannya terus diminum, InshaAllah sembuh,” katanya. (dah)