Kodim 0812 Lestarikan Seni Tari

121 dibaca

Peran TNI terhadap perkembangan dan pelestarian budaya, terutama di bidang kesenian daerah mendapat apresiasi dari masyarakat Lamongan. Hal ini terlihat di kegiatan Komsos Kodim 0812 Lamongan yang mempunyai misi ngleluri kesenian Tari Tradisional dan Kreasi Baru sebagai pendukung potensi kebudayaan daerah dan nasional.

Masih ingat di benak warga kota Soto di bulan Juli 2020 lalu Komsos kreatif Kodim 0812/Lamongan dengan mengusung tema melestarikan seni beladiri Pencak Silat dengan melibatkan para pendekar dari beberapa Perguruan Pencak Silat yang ada di wilayah teritorialnya. Di Aula Kadetsuwoko Makodim, ini lah Dandim 0812 sangat bangga dengan seni beladiri warisan leluhur bangsa ini sehingga harus tetap dilestarikan.

Di komsos kreatif, Juli 2020 itu para pimpinan perguruan silat di Lamongan mengapresiasi kepedulian Dandim 0812 dalam mempersatukan para pendekar silat di kota ini. Mereka juga menyambut baik ide kreatif Letkol Sidik, agar pencak silat ini sebagai alat perekat persatuan dan kesatuan, menjagavLamongan agar tetap kondusif.

Kini di event yang sama, Kodim 0812 Lamongan, Kamis (10/9) kemaren kembali menggelar lomba tari kreasi yang dilaksanakan di TW III dalam rangka menggali dan den mendukung potensi kesenian daerah di kabupaten Lamongan, Lomba yang dikemas dengan agenda komunikasi sosial (komsos) kreatif 2020.

Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono,S.H., M.Tr. Han, mengatakan, kegiatan komsos kreatif tersebut untuk mendukung minat bakat, sekaligus menggali potensi budaya dan seni yang ada di Lamongan.

“Kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi para peserta terutama para pegiat, dan peminat kesenian tari, agar menjadi lebih baik lagi,” kata Dandim.

Di jelaskannya, sebanyak 4 tari Kreasi Baru yang mewakili dari kecamatan di Lamongan memeriahkan lomba tersebut. “Program ini dari Komando atas yang diselenggarakan tiap tahun dengan materi yang berbeda,” tandasnya.

Di tahun ini, lanjut Dandim, Kodim Lamongan mengangkat materi lomba tarai kreasi dengan tema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif “ Guyup rukun menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Pada kesemepatan yang sama Pasi Ter Kodim Lamongan Kapten Arm Yusniady menjelaskan para pemenang lomba baik tari kreasi di komsos ini akan berlanjut ke Tingkat Korem. Jika terus menang maka akan berlanjut ke tingkat Kodam bahkan ke Tingkat Pusat.
(DANAR SP)