P5 SMP PGRI 1 Buduran, Belajar ke Tambak Bandeng dan Udang

44 dibaca

▪︎SIDOARJO – POSMONEWS.com,-
P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) peserta didik kelas VIII SMP PGRI 1 Buduran diisi dengan kegiatan belajar di tambak bandeng dan udang di Desa Damarsi, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (25/4/2024).

Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd, Gr. mengatakan, dalam implementasi Kurikulum Merdeka kali ini mengusung tema “kearifan lokal”, khusus peserta didik kelas VIII diajak berkunjung ke tambak bandeng dan udang.

Mengingat hasil perikanan tersebut merupakan produk unggulan Kabupaten Sidoarjo. Sekaligus sebagai salah satu ciri khas atau karakteristik Sidoarjo.

“Peserta didik bisa belajar banyak hal di tambah. Mulai dari menyiapkan tambak sebelum ditebari bibit (nener atau benur), merawat atau membesarkannya, hingga panen,” katanya.

Meski waktu berangkatnya sedikit tertunda karena hujan, namun peserta didik dan para guru tetap bersemangat. Akhirnya sampai di lokasi dalam keadaan hujan gerimis.

Para peserta didik pun dengan hati senang, riang gembira menapakkan kakinya di pematang tambak. Burung-burung camar, blekok, kuntul, sruti, dan walet tampak beterbangan mencari mangsa di atas tambak. Capung-capung dan serangga lainnya pun tampak di pinggiran tambak.

Kedatangan mereka disambut oleh Pak Firman sebagai narasumber praktisi. Sontak, para peserta didik yang dikawal para guru fasilitator dan wali kelas, mengelilingi narasumber tersebut.

Dengan gamblang Pak Firman menjelaskan tentang area tambak serta cara budidaya bandeng dan udang, mulai dari tebar benih, pemberian pakan, perawatan, pencegahan dan pengobatan penyakit, hingga panen.

Dengan serius, para peserta didik yang dibagi dalam kelompok-kelompok tersebut menuliskan hasil wawancara, observasi lokasi, serta mengisi instrumen LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik).

Yang lebih menarik para peserta didik ketika diperlihatkan bagaimana cara menjaring (menjala) bandeng dan udang di tambak.
▪︎(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)