UMRAH DAN CORONA

187 dibaca

Oleh: A. Bajuri Salim
(Dirut Bakkah Travel)

Setelah tutup selama 5 bulan, perusahaan travel umrah segera akan memulai pendaftaran umrah pada Agustus 2020. Masalahnya, Arab Saudi masih darurat corona.

Demikian salah satu topik pembahasan Zoominar yang diikuti travel umrah anggota Asosiasi Pengusaha Travel Muslim (APTM) dan Sapuhi (Sarikat Penyelenggara Haji Umrah Indonesia) pekan lalu.

“Umrah belum jelas, jangan terburu-buru menerima pendaftaran jemaah. Prioritaskan untuk memberangkatkan jemaah yang gagal berangkat,” ujar Ketua Umum Sapuhi Syam Resfiadi berpesan kepada pimpinan travel.

Arab Saudi memang masih darurat corona. Jumlah kasus corona hampir mendekati 250 ribu. Sedangkan korban meninggal sudah mencapai 4500 orang.

Mekah dan Riyad, termasuk 2 kawasan terbanyak kasus corona. Kendati demikian, Arab Saudi sudah mulai melonggarkan aturan kepada warganya. Masjid Nabawi sudah dibuka untuk umum dengan protokol kesehatan yg ketat.

Yang menarik dari zoominar pekan ini adalah adanya testimoni seorang sahabat yang terpapar corona. “Jangan remehkan corona. Saya positif covid-19, nyaris tak bisa bernafas, tapi Allah masih menyelamatkan,” ujar Imam Tombo Ati dari Malang.

Zoominar selanjutnya, pekan depan, dengan topik seputar haji. Pasti menarik karena untuk pertama kalinya pelaksanaan haji tanpa berdesakan dan tanpa antrean panjang. ***