Pesona Gunung Pancar dan Rayuan Pohon Pinus

738 dibaca

▪︎BOGOR-POSMONEWS.COM,-
Gunung Pancar Sentul, Bogor, Jawa Barat, memiliki keindahan panorama pegunungan mampu membuat para pengunjungnya terhipnotis. Dari kejauhan terlihat pohon pinus mengisyaratkan kedamaian bagi pengunjungnya.

Tidak ada kesan angker atau menyeramkan seperti gunung-gunung lainnya. Bahkan Gunung Pancar terlihat sejuk dan membuat mata tak bisa terpejam saat memasuki wisata alam tersebut.

Lokasi wisata Alam Gunung Pancar Sentul berada di wilayah Sentul, Bogor, tepatnya di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Tidak heran bila setiap akhir pekan atau libur nasional banyak warga Ibukota Jakarta dan sekitarnya berlibur untuk melepas penat. Memilih tempat wisata terdekat dari Jakarta pun kadang menjadi pilihan alternatif. Gunung Pancar Sentul salah satunya bisa menjadi pilihan karena ada banyak pemandangan indah yang bisa dinikmati.

Pengunjung Gunung Pancar dari Jakarta bisa mengakses Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar di Sentul City atau Sentul Selatan. Saat memasuki area taman wisata ini, pengunjung dapat menikmati kesejukan udara Gunung Pancar Sentul karena ada sederet pohon pinus menjulang tinggi menghiasi pegunungan tersebut.

Jika ingin berkunjung ke Gunung Pancar Sentul setiap pengunjung wajib membawa kamera. Itu karena pengunjung banyak yang berfoto di Gunung Pancar Sentul. Ada jejeran hammock warna-warni disusun ke atas, rumah-rumah pohon, tenda kecil, serta meja dan kursi untuk bersantai.

Memang Gunung Pancar Sentul, tidak membuat wisatawan bulu kuduk merinding. Malah sebaliknya, setiap pengunjung selalu dibuat decak kagum akan keindahan ciptaan Sang Khaliq tersebut. Bahkan ada banyak juga yang melakukan foto prewedding.

Sedangkan bagi yang ingin outing bersama kantor atau acara sekolah, pihak Gunung Pancar Sentul juga menyediakan kegiatan outbound team building. Terdapat area perkemahan cukup luas dan bersih di dalam Gunung Pancar Sentul.

Bagi wisatawan domestik dan manca negara atau non corporate juga dapat berkemah secara individu maupun rombongan. Terdapat fasilitas kamar mandi dan musalla. Ada pula fasilitas Glamorous Camping atau glamping, dengan biaya Rp 450.000 per orang untuk paket 2 hari 1 malam.

▪︎Wahana Pemandian Air Panas

Di area dalam Gunung Pancar Sentul terdapat wahana pemandian air panas. Apabila bagi wisatawan ingin melepas lelah setelah bersepeda atau berjalan-jalan bisa berendam di Pemandian Air Panas Giritirta. Di pemandian air panas ini ada dua buah kolam; pribadi dan umum.

Pemandian Air Panas Giritirta ini dikenal memiliki tingkat relaksasi sangat tinggi. Jadi sangat cocok untuk melepas lelah sehabis beraktivitas agar tubuh kembali segar. Berendam air hangat dengan suhu 32-35 derajat celcius dapat membuka pori-pori dan membantu mengeluarkan toksin.

Di pemandian air panas ini ada 3 pilihan terapi air panas yakni panas, hangat, dan sedang. Bagi pengunjung ingin merasakan 3 sensasi air panas juga bisa melakukannya dengan berganti-ganti kolam setiap beberapa jam sekali.

Untuk menuju ke lokasi pemandian air panas tidak terlalu sulit, saat memasuki pintu masuk Jungle Land ada perempatan dan silahkan ambil ke arah Gunung Pancar Sentul langsung menuju pemandian air panas. Sedangkan biayanya cukup merogoh kocek Rp 25 ribu/orang.

▪︎Kafe Instagramable

Di lokasi ini wisatawan tidak hanya dapat menikmati pemandangan alam saja, namun juga tersedia kafe instagramable dengan hidangan sangat lezat. Kafe Pancar Garden merupakan destinasi kuliner terbaru di Sentul.
Meski baru dibuka 9 September 2021, animo pengunjung membuat Pancar Garden ramai pengunjung dalam waktu singkat. Bisa dibilang, restoran dan kafe ini merupakan tempat terluas di daerah Sentul.

Berdiri di atas lahan kurang lebih dua hektare, Pancar Garden menawarkan pemandangan eksotis dari Gunung Pancar Sentul yang indah. Area bersantap di sini terbagi menjadi dua, bagian bawah dan atas diisi dengan meja-meja dan kursi terbuat dari kayu pinus.

Selama masa pandemi COVID-19 lalu, objek wisata luar ruangan atau outdoor lebih banyak peminatnya. Ruangan terbuka membuat lebih nyaman dalam beraktivitas dibandingkan mengunjungi tempat perbelanjaan atau mall-mall.

Nah, wisata alam tersembunyi di daerah Sentul ini perlu dikunjungi. Menariknya, obyek wisata alam ini dibuka untuk masyarakat umum. Bagi wisatawan pengguna roda 4 dan 2 sangat mudah dilalui bagi pengendara mengunjungi wisata alam Gunung Pancar Sentul.

▪︎Dipenuhi Pohon Pinus

Sepertinya sangat sulit untuk menikmati keindahan pohon pinus di sekitaran Kota Jakarta. Nah, wisata alam Gunung Pancar ini akan memanjakan para wisatawan dengan kerimbunan pohon pinus.

Pohon pinus identik dengan tanaman yang tinggi menjulang dan menutupi sebagian cahaya matahari. Lebatnya pohon pinus ini membuat suasana menjadi lebih nyaman layaknya sedang di tengah hutan belantara.

▪︎Curug Tersembunyi

Jika menginap di wisata alam satu ini, bisa menemukan sejumlah tempat tersembunyi. Salah satunya yakni curug di tengah hutan. Di sekitaran Gunung Pancar terdapat beberapa wisata alam dan pemandian air terjun untuk publik. Di antaranya; Curug Barong,
Curug Hordeng, dan Air Terjun Bidadari. Pesonanya begitu indah bak di negeri dongeng, untuk mencoba pengalaman mandi dan bermain air di wisata alam ini.▪︎[ZA/ALAMS]