Menyulap Lahan CTN Rumah Belanda jadi Lumbung Pangan

78 dibaca

▪︎Program Ketahanan Pangan Koramil Babat Jajaran Kodim 0812

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Nasional, Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., bersama Danramil serta Jajaran Koramil 0812/10 Babat melaksanakan panen jangung dan ikan lele di Tanah milik TNI AD, CTN Rumah Belanda, Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Senin (8/4/2024).

Tanah yang sebelumnya merupakan tanah kosong dan tidak produktif (bekas rumah jaman kolonial Belanda), perlahan dirubah menjadi lahan pangan terpadu yang ditanami jagung dan ada pula kolam ikan lele. Dengan kegigihan dan keuletan, Jajaran Babinsa Koramil 0812/10 Babat menjadi aktor penting didalamnya.

Dalam kegiatan panen jagung dan ikan lele ini dipimpin langsung oleh Dandim 0812/Lamongan.Turut serta hadir dalam acara tersebut Perwira Staf dan Danramil Jajaran, Muspika Kecamatan Babat, UPT Pertanian Babat, Jajaran Babinsa Koramil 0812/10 Babat dan Jajaran Bhabinkamtibmas Polsek Babat.

Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han.,mengatakan bahwa kegiatan terselenggara karena adanya kerjasama yang baik antara Kodim 0812/Lamongan dengan semua pihak terutama dengan memanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan ketahanan pangan daerah dengan konsep kembali ke pangan lokal.

“Panen jagung ini adalah hasil dari program ketahanan pangan yang sudah diselenggarakan sebelumnya. Mulai dari saat pengolahan lahan, penanaman sampai perawatan tanaman dan diakhiri dengan panen saat ini, semua dikerjakan oleh para Babinsa Koramil 0812/10 Babat,” katanya.

Dirinya berharap, dengan panen jagung ini dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan Nasional seperti yang selama ini menjadi atensi dari Pemerintah maupun Pimpinan TNI Angkatan Darat.

“Walaupun dalam proses perawatan menemui beberapa kendala, termasuk kelangkaan pupuk dan hama yang mengganggu, namun alhamdulillah semua itu dapat teratasi berkat koordinasi dan kerjasama yang baik. Kami berharap kegiatan ini dapat dijadikan contoh dalam pemanfaatan lahan tidur yang tidak produktif,” pungkas Dandim 0812/Lamongan.

Selain panen jagung, dilakukan juga kegiatan panen ikan lele. Sebagai komoditi ikan khas dan unggulan Kabupaten Lamongan yang penuh gizi dan vitamin. Dengan banyaknya kandungan omega 3 di dalam ikan lele, diharapkan dapat berperan penting dalam menekan angka stunting pada generasi penerus Bangsa Indonesia. Dengan demikian, Kodim 0812/Lamongan akan berupaya untuk turut serta dalam memerangi stunting khususnya di Wilayah Kabupaten Lamongan.▪︎[DANAR SP]