Konstruksi Jembatan Mujur II Keloposawit Kuat 50 Tahun

111 dibaca

▪︎LUMAJANG – POSMONEWS.com,-
Proyek pembangunan Jembatan Mujur II Keloposawit Lumajang di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,  kontruksinya diperkirakan mampu pertahan hingga 50 tahun.

Kabupaten Lumajang baru rampung pembangunan Infrastrukturnya yang akan jadi terbaik karena mampu bertahan selama berabad-abad kedepannya.

Proyek yang baru saja selesai pengerjaan inilah dikenal dengan Jembatan Mujur II Keloposawit Lumajang yang berlokasi di Kab. Lumajang, Jawa Timur.  Rencananya Jembatan Mujur II  hubungkan Desa Kloposawit dan Desa Tumpeng ini sempat putus.

Gebernur Jatim, Khofifah Indarparawangsa, menyatakan bahwa semangat masyarakat saat menghadapi bencana merupakan sesuatu yang mengagumkan.
Dengan sabar, ulet dan gotong royong sehingga Itulah yang membuat Pemprov Jatim gerak cepat melakukan asesmen dan perbaikan.

“Alhamdulillah penyelesaian jembatan ini bisa rampung dalam waktu dua bulan. Semoga koneksitas ekonomi, pendidikan dan sosial kembali putih,” tutur Khofifah.

Dikutip dari situs resmi dari kominfo.jatimprov.go.id. jembatan tersebut mampu menahan daya beban lalu lintas mencapai 40 ton.

Namun, Khofifah telah mengingatkan untuk memaksimalkan daya guna jembatan dalam waktu lama yang dibutuhkan pemeliharaan secara berkala.

Gubernur Khofifah juga menerangkan bahwa Jembatan Mujur II Kloposawit ini dibangun dengan alokasi anggaran sebesar Rp 11 miliar.

Dengan menggunakan konstruksi bailey atau rangka baja, jembatan ini memiliki panjang 39 meter dan lebar 5,1 meter dan umur jembatan ini perkirakan dapat mencapai 50 tahun.

Sementara Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, berpesan kepada masyarakat untuk membantu pemerintah rutin memelihara kondisi jembatan agar potensi 50 tahun usia jembatan bisa benar tercapai.

“Harapannya ini bisa kita jaga sebagai lalu lintas masyarakat, termasuk di dalamnya adalah mobilitas ekonomi, pendidikan dan sosial berfungsi maksimal,” ujar Thoriqul.

Saat ini Jembatan Mujur II Kloposawit telah bisa dilewati dan digunakan masyarakat setelah peresmian terlihat beberapa kendaraan bermotor roda dua dan kendaraan bermuatan kecil lain mulai meramaikan lokasi.▪︎[FEND]