Optimalkan Program Pompanisasi Follow Up Kunker Kementan

62 dibaca

▪︎Dandim 0812 – DKPP Cek Lokasi Sumber Air

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.com,-
Komando Distrik Militer (Kodim) 0812 Lamongan beserta Jajaran bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lamongan, menunjukan komitmennya guna mendukung program Pompanisasi dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia.

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., bersama tim gabungan dan seluruh Jajaranya melakukan pengecekan lokasi sejumlah sumber air dan saluran irigasi yang akan digunakan untuk program tersebut.

Pengecekan ini dilakukan guna memastikan kelancaran program dan memaksimalkan manfaat pompanisasi bagi Petani di Wilayah Kabupaten Lamongan.

Program Pompanisasi Kementan RI merupakan upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan menyediakan akses air yang memadai bagi sawah di daerah kering terutama sawah tadah hujan. Sehingga diharapkan dapat membantu Petani mengatasi kekeringan dan meningkatkan hasil panen.

Pada saat pengecekan di wilayah Kecamatan Sekaran dan Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Jumat (22/3/2024), Dandim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan S.I.P.,M.Han., menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung penuh program pompanisasi Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia.

“Kodim 0812 Lamongan siap membantu Kementerian Pertanian RI dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan dalam mensukseskan program pompanisasi ini. Kami akan mengerahkan Personel dan alat yang dibutuhkan untuk memastikan program tersebut berjalan lancar,” ujarnya.

Adapun pengecekan lokasi yang ditinjau tim gabungan ini di mulai dari pintu air Bengawan Solo di Desa Besur dilanjutkan menelusuri saluran irigasi menuju rawa di Desa Kebalan Kulon, Kecamatan Sekaran. Kemudian alternatif kedua yaitu dari terminal air Bedahan, Desa Babat dilanjutkan ke Desa Sogo, Kecamatan Babat kemudian menelusuri saluran irigasi sampai ke pintu air Lak Gede Desa Moropelang, Kecamatan Babat.
▪︎[DANAR SP]