BENARKAH KALENDER ISLAM SAMPAI 1500 H?

118 dibaca

▪︎Oleh: Zubairi Indro

TIDAK terasa kita hidup dipenghujung zaman. Bahkan sekarang sudah memasuki bulan Ramadan 2024/1445 H. Lantas benarkah kalender Islam tidak sampai 1500 H. Padahal sekarang kita sudah memasuki 1445 H.

Rasulullah SAW bersabda: zaman itu terbagi menjadi 5 zaman. Lantas zaman apa saja?

1. Zaman Nubuwwah:

Merupakan zaman kenabian diawali dari zaman Nabi Adam AS. sampai dengan  Nabi Muhammad SAW.

2. Zaman Khilafah l:

Merupakan zaman yang dipimpin sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW. Di antaranya, Khilafah Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali RA.

3. Zaman Al-mulk Kerajaan:

Zaman tersebut ditandai dengan
berakhir atau runtuhnya Dinasti Utsmani di Turki, sedangkan  di Indonesia ditandai dengan Kerajaan Majapahit, Sriwijaya, dan Kerajaan Galu.

4. Zaman Jababiro:

Lantas apa yang disebut dengan zaman Jababiro? Zaman merupakan zaman kebebasan maksiat terjadi di mana-mana dan sekarang kita hidup di zaman ini.

Pada zaman ini berbagai fitnah bertebaran untuk melemahkan kaum Muslimin (era fitnah terbesar akan terjadi saat Dajjal muncul), orang-orang yang tidak  cakap atau dzolim menjadi penguasa (pemimpin). Bahkan, jumlah umat Islam banyak, tapi  bagaikan buih di atas laut (sedikit yang berjihad untuk membela Islam). Zaman ini sudah terjadi dan sedang kita jalani.

5. Zaman Khilafah ll:

Pada zaman Khilafah ll suasananya seperti pada zaman Rasulullah SAW. Nanti umat Islam akan dipimpin Imam Mahdi yang hanya berlangsung lebih kurang dari 9 tahun.

Pada zaman ini pula Dajjal bakal muncul, Nabi Isa AS. juga muncul ditugaskan untuk membunuh Dajjal dan meng-Islamkan orang-orang kafir. Para ulama ahli hadist memprediksi tentang usia umur umat Islam:

1. Ibnu Hajar Asqalani:

Seorang ulama pakar hadist, dalam kitab beliau yang populer di Indonesia adalah “Fathul Barri” beliau berkata umur umat Islam sampai 1476 H.

2. Imam As-syuyuthi:

Beliau mengatakan umur umat Islam hanya sampai 1477 H.

3. Ibnu Hajar Hambali:

Ibnu Hajar Hambali mengatakan
umur umat Islam lebih dari 1400 H, namun tidak sampai 1500 H. Allahu Akbar sekarang umur umat Islam sudah sampai pada 1445 H.

Hari kiamat tidak ada yang tahu termasuk Rasulullah SAW. namun mengenai umur umat Islam, Rasulullah memberi bocoran tidak sampai 1500 H.

Kelak di akhir zaman, Allah SWT. akan wafatkan serentak seluruh umat Islam di muka bumi dan yang tersisa hanyalah orang kafir yang akan menyaksikan hancurnya bumi, gunung, laut langit, dan seluruh alam.
(baca Al-Qoriah, Al-Qiyamah, dan Al-Waqiah).

Di antara tanda-tanda kiamat, kata Rasulullah SAW. akan muncul Dukhan (kabut hitam) yang menyelimuti bumi selama 40 hari 40 malam. Lalu para sahabat bertanya; “Ya Rasulullah kapan itu terjadi?”

Kemudian Rasulullah SAW berkata;
“Itu terjadi apabila”

1. Kalau penyanyi wanita sudah bermunculan di mana-mana.

2. Bila alat musik dicintai oleh umatku dan minuman keras di mana-mana.

Marilah kita berbuat baik semaksimal mungkin, dan ajaklah setiap berjumpa sesama muslim dimanapun, untuk semakin bersungguh-sungguh memperbanyak amal baik sebagai bekal kelak di akhirat.

3. Hari akhir (kiamat) menurut agama Islam ditandai dengan beberapa petanda.
– Kemunculan Imam Mahdi
– Kemunculan Dajjal
– Turunnya Nabi Isa AS.
– Kemunculan Yakjuj dan Makjuj
– Terbitnya matahari dari Barat ke Timur
– Pintu pengampunan akan ditutup
– Dab’bat al-Ard akan keluar dari tanah dan akan menandai muslim yang se-benar-benarnya
– Kabut selama 40 hari akan mematikan semua orang beriman sejati sehingga mereka tidak perlu mengalami tanda-tanda kiamat lainnya.

4. Bakal terjadi kebakaran besar dan akan menyebabkan kerusakan cukup parah.

5. Pemusnahan atau runtuhnya Ka’bah.

6. Tulisan dalam Alquran akan lenyap.

7. Sangkakala akan ditiup pertama kalinya membuat semua makhluk hidup merasa bimbang dan ketakutan.

8. Tiupan sangkakala kedua kalinya akan membuat semua makhluk hidup mati dan yang ketiga  membuat setiap makhluk kembali dihidupkan (bangkit).

Maka beribadalah dan berbuat baik semampumu dan se-ikhlasmu kepada sesama. Karena, saat kamu membawa Alquran, setan biasa-biasa saja. Saat kamu membukanya, setan mulai curiga. Saat kamu membacanya, setan gelisah. Saat kamu memahaminya, setan kejang-kejang. Saat kamu mengamalkan Alquran dalam kehidupan seharI-hari, setan bakal stroke. Semoga di bulan suci Ramadan 2024/1445 H ini menjadi amal baik bagi kita dan mendapat ridho dari Allah SWT. Amin….🤲**