KemenPUPR: Progres Istana Negara di IKN Capai 55 Persen

200 dibaca

▪︎JAKARTA – POSMONEWS.COM,-
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) mengungkapkan progres terkini pembangunan Istana Negara hingga rumah tapak jabatan menteri di ibu kota baru Indonesia.

Ketua Satgas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, mengatakan bahwa pembangunan Istana Negara di IKN sudah mencapai 55 persen per 8 Februari 2024.

“Istana Negara, lapangan upacara dan kawasan istana di IKN, progres pembangunan fisiknya sudah mencapai 55 persen,” katanya.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR menyebutkan pembangunan kantor presiden di IKN sudah mencapai 73 persen per 8 Februari 2024.

Kementerian PUPR memastikan bahwa pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana dan kantor presiden akan sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan.

Harapannya, sejumlah fasilitas itu nantinya bisa dipakai untuk memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan RI. Terkait dengan pembangunan rumah tapak jabatan menteri, Danis Sumadilaga menyebut progresnya sudah 78 persen.

“Progres pembangunan rumah tapak jabatan menteri sudah mencapai 78 persen per 8 Februari,” ujarnya.

▪︎ASN Pindah Juli 2024

Sebelumnya, Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Jaka Santos mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mulai pindah secara bertahap ke IKN pada Juli 2024.

Ia menjelaskan bahwa proses pemindahan itu bergantung pada pembangunan hunian ASN di IKN. Menurut Jaka, memindahkan ASN bukan persoalan yang mudah. Oleh karena itu, negara butuh persiapan yang matang.

“Target pertama adalah ketika hunian sudah jadi, hunian sudah jadi itu diperkirakan Juli, jadi sudah ada yang bisa pindah. Nah itu bertahap,” ucapnya.

“Orang pindah kerja itu nggak gampang, apalagi pindah rumah. Nah, jadi dibutuhkan secara bertahap, plus karena ada 17 Agustus-an, kita harus manage (mengatur) dengan baik,” tuturnya melanjutkan.

Seiring dengan rencana pemindahan ASN, Juru Bicara OIKN, Troy Pantouw, mengatakan bahwa percepatan pembangunan di wilayah tersebut pun dilakukan. Hal itu juga ditujukan untuk mendukung visi IKN sebagai kota layak huni.▪︎[FEND]