TNI – Polri Kawal 33 Armada Truck Pengangkut Logistik Pemilu

118 dibaca

▪︎Fokus Distribusi di Wilayah Terjauh

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan bersama Forkopimda Kabupaten Lamongan memberangkatkan 33 Armada truck pengangkut logistik Pemilu 2024 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dengan mendahulukan distribusi untuk wilayah-wilayah terjauh di kabupaten Lamongan.

“Distribusi logistik dilaksanakan mulai hari ini Sabtu (10/02/2024), untuk wilayah terjauh yang berada di Kabupaten Lamongan,” kata Ketua KPUD Kabupaten Lamongan Mahrus Ali.

Menurut Mahrus Ali pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepolisian Resor Lamongan dan Komando Distrik Militer 0812/Lamongan untuk mengawal distribusi logistik pemilu tersebut.

Setelah sampai di PPK, kata dia, logistik pemilu yang berada di Gudang Bulok Sukorejo tersebut selanjutnya akan didistribusikan ke panitia pemungutan suara (PPS) pada hari Senin (12/2) atau H-2 Pemilu 2024.

“Saya sudah instruksikan bahwa di PPS atau Desa hanya menginap satu malam karena pada H-1 Pemilu 2024 atau Selasa (13/2), seluruh logistik sudah harus sampai di tempat pemungutan suara (TPS),” katanya.

Kendati demikian, dirinya mengakui bahwa di Desa Desa terpencil, yang berada di Kecamatan paling jauh terdapat dua TPS yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, sehingga distribusi dari PPK ke PPS diharapkan dapat dilakukan mulai hari Minggu (11/2) atau H-3 Pemilu 2024.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya cuaca buruk mengingat Desa yang paling jauh merupakan wilayah ekstrem karena medannya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Terkait dengan antisipasi terjadinya cuaca ekstrem, dia mengatakan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan berbagai pihak seperti Polres Lamongan dan Kodim 0812 Lamongan, Kantor Pos Lamongan, PLN Lamongan, dan BPBD Kabupaten Lamongan yang memahami kondisi wilayah tersebut.

“Berdasarkan informasi dari BMKG, saat sekarang merupakan puncak musim hujan. Memang ada daerah-daerah yang kami antisipasi karena di beberapa tempat sudah banyak yang banjir,” katanya.

Oleh karena sudah mengetahui situasi dan kondisi medannya serta koordinasi dengan BPBD, dia mengharapkan dengan data yang telah dimiliki KPU Kabupaten Lamongan, mitigasi bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

“Insyaallah distribusi logistik aman dan tepat waktu. Kalau dari skenario kami, insyaallah aman, tapi kan kita enggak tahu kondisi cuaca ke depan,” lanjutnya.

Sementara itu, Dandim 0812/Lamongan yang juga hadir dalam acara pemberangkatan pendistribusian logistik Pemilu mengatakan bahwa pihak Kodim 0812/Lamongan siap dalam mengawal pendistribusian logistik Pemilu.

“Anggota Kami di lapangan selalu siap 100% dalam mengawal dan mengamankan pendistribusian logistik pemilu 2024. Koordinasi antara TNI Polri dan Pemerintah Daerah diharapkan mampu untuk menjalankan misi ini dengan aman dan lancar sehingga proses pemungutan suara dapat berjalan sesuai rencana,” ujar Dandim.
▪︎[DANAR SP]