Sosialisasi PKPU, Lapas Lamongan Siap Sukseskan Pemilu 2024

130 dibaca

▪︎LAMONGAN – POSMONEWS.COM,-
Meski berada di balik terali besi namun dalam pesta demokrasi, bukalah sebagai halangan bagi warga binaan untuk menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 nanti. Karena itulah penyelengaraan pemilu di Lapas yang boleh disebut istimewa ini juga harus disiapkan secara matang.

Hal ini yang juga dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kantor Wilayah (Kanwil) Jatim, yang telah mengikuti Sosialisasi PKPU nomor 25 Tahun 2023 Dan Keputusan nomor 66 Tahun 2024 Di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, Rabu (31/1/2024) lalu.

Sosialisasi bagi panitia penyelenggara pemungutan suara tahun 2024 ini dilaksanakan di lantai 2 gedung KPU Kabupaten Lamongan.

Kegiatan ini di hadiri oleh perwakilan tiap TPS yaitu dari TPS 901 dan TPS 902 masing- masing 1 (satu) orang yang datang dan mengikuti secara langsung terkait sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Lamongan.

Kegiatan Sosialisasi dari KPU Kab. Lamongan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan materi yang nantinya diperlukan selama melaksanakan Pemilihan Umum pada 14 Februari 2024 di Lapas Kelas IIB Lamongan dengan jumlah 2 (dua) TPS.

Pamateri langsung diisi oleh Divisi Teknik KPU Lamongan, Akhmad Sohib. Sohib mengurai terkait PKPU nomor 25 tahun 2023 tentang penghitungan suara dan keputusan nomor 66 tahun 2024 terkait pedoman teknik pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan surat suara dalam pemilihan umum, Menurut Sohib, program dan jadwal kegiatan tahapan pemungutan dan penghitungan suara harus diketahui dan dipedomani.

Sementara itu, Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi PKPU nomor 25 tahun 2023 tentang penghitungan suara dan keputusan nomor 66 tahun 2024 sangatlah penting.

“Sedang sosialisasi, penghitungan surat suara ini melengkapi apa yang belum ada. Menyamakan pemaham, persepsi sesuai dengan regulasi soal penghitungan, pengesahan,” kata Mahrus.

Melalui kegiatan Sosialisasi ini, diharapkan para panitia dapat memahami pentingnya peran KPPS dan Pam TPS dalam menjaga integritas pemilu, Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik, diharapkan pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan sukses, adil, dan transparan, sehingga hasilnya dapat mencerminkan kehendak rakyat yang sebenarnya.▪︎[DANAR SP]