Kodiklatal Gelar Latihan Berganda Siswa Diktukba Angkatan ke-53

318 dibaca

▪︎SURABAYA-POSMONEWS.COM,-
Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) siap menggelar Latihan Praktek (Lattek) Berganda Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI AL Angkatan ke- 53 TA 2022.

Hal ini diketahui dalam paparan rencana lattek yang disampaikan Dansepa Puslatdiksarmil, Letkol Laut (P) Bagus kepada Direktur Pendidikan (Dirdik) Kodiklatal Laksma TNI Ali Triswanto mewakili Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono dan pejabat Utama Kodiklatal di ruang rapat Ditdik Mako Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu (13/7) lalu.

Lattek  Berganda  merupakan latihan yang diselenggarakan sebagai proses pembelajaran bagi siswa, untuk memberikan ketrampilan perorangan atau kelompok peserta lattek  dengan materi lebih dari satu mata plajaran dan dilaksanakan secara terangkai.

Lattek Berganda siswa Diktukba TNI AL Angkatan ke-53 ini dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 27 Juli 2022 mendatang, di Puslatmar Purboyo, Kabupaten Malang. Lattek melibatkan 798 siswa Diktukba dan 130 personel pendukung. Lattek ini merupakan implementasi program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dibidang pembangunan sumber daya manusia (SDM) TNI AL supaya prajurit TNI AL menjadi prajurit yang unggul.

Lattek  untuk membekali dan melatih siswa agar dapat memiliki kemampuan ketahanan fisik, keterampilan dan kecakapan ini terbagi dalam 3 tahap yakni tahap 1 terdiri dari menembak senapan, menembak SMR, jurit malam, kompas malam dan  tahap 2 berupa mengasah ketrampilan jurit tangkas, perembesan, jungle survival. Sementara tahap 3 berupa lintas medan (Limed) dan sea survival.

Sementara itu pada kesempatan ini,  Dirdik Kodiklatal mewakili Dankodiklatal menghimbau kepada penanggung jawab latihan agar latihan berganda dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam latihan, guna meminimalisir terjadinya kecelakaan baik personel dan material.

▪︎Kursus Tamtama Pomal

Sementara itu, Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Laut (Pusdikpomal) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal). Menggelar Kursus Tamtama Singkat Polisi Militer Angkatan Laut  (Sustakat Pomal) T.A. 2022  bertempat di Pusdikpomal, Kesatrian Kodiklatal Surabaya, Senin (13/7) lalu.

Kursus singkat bagi prajurit Tamtama TNI AL diikuti 20 prajurit berasal dari  Kotama TNI AL di wilayah Surabaya ini dibuka Komandan Pusdikpomal Letkol Laut (PM) Rus Indarto, dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Aula Gedung Adam Pusdikpomal.

Kursus berlangsung selama tiga bulan. Pelaksanaan kursus ditandai pemasangan secara simbolis tanda peserta dan tali kur Pomal oleh Danpusdikpomal kepada salah seorang peserta.

Danpusdikpomal dalam sambutannya menyampaikan  bahwa program Sustakat ini bersifat temporer sebagai jembatan perubahan korps atau kejuruan.

“Karena masih banyak ditemukan prajurit TNI AL  yang sudah berdinas bertahun-tahun di lingkungan Pomal, tetapi belum berkualifikasi Pomal. Agar diperoleh kinerja Pomal yang baik dan dikaitkan dengan kejelasan dalam pembinaan personel atau Binpers dan Binkorps yang bersangkutan, maka dilaksanakanlah kursus singkat ini,” terang Danpusdikpomal.

Pada kesempatan ini Danpusdikpomal menghimbau kepada peserta Sustakat Pomal 2022 agar memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menggali  lebih banyak ilmu tentang  Kepolisian Militer berkaitan dengan tugasnya sebagai penegakkan hukum dan Penertiban Hukum, dengan  cara belajar dan berlatih.

“Sehingga setelah selesai  mengikuti Sustakat, kalian mampu melaksanakan tugas sebagai Polisi Militer di kesatuan masing-masing,” tegas Danpusdikpomal.**(za/ahm/Kodiklatal)