Rebusan Jahe dan Serai Obati Berbagai Penyakit Mematikan

233 dibaca

BANYAK penyakit berbahaya yang ternyata bisa diatasi dengan bahan alami. Gak perlu cari jauh-jauh, bahan alami ini pasti ada di dapur Anda.

Serai dan jahe yang bisa dijadikan obat alami untuk obati berbagai penyakit mematikan. Diketahui serai merupakan salah satu bahan dapur yang kerap menjadi bumbu masakan seperti tongseng, gulai, rica-rica hingga masakan-masakan lain.

Serai yang memiliki bau khusus juga bisa memberikan aroma masakan agar lebih nikmat. Tapi selain digunakan sebagai bumbu masakan, serai juga bisa dikonsumsi dengan cara lain.
Yakni dengan mengolahnya menjadi air rebusan serai dan jahe yang kemudian dikonsumsi sebagai minuman.

Lantas apa manfaat rebusan serai jika dikonsumsi secara rutin?
Yuk simak manfaat air rebusan serai dan jahe berikut ini. Dilansir dari laman SajianSedap.com.

Atasi Penyakit Diabetes

Diketahui diabetes masih menjadi momok menakutkan untuk banyak orang. Kalau tak ditangani dengan benar, penyakit diabetes akan berbahaya bahkan berujung pada kematian.

Nah, kita bisa atasi penyakit mematikan ini dengan geprekan jahe dan serai. Diketahui serai memiliki kandungan antara lain vitamin A, kalium, kalsium, magnesium, protein, karbohidrat, dan masih banyak lagi.

Serai juga punya sifat anti-jamur, anti-bakteri, anti-inflamasi, antioksidan, dan lainnya. Oleh karena itu serai memberikan banyak manfaat kesehatan jika diminum air rebusannya.

Melansir dari Food NDTV, Anda bisa merebus serai dengan air atau mencampurnya dengan teh untuk mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar.

Cara ini, terutama sangat baik dan disarankan untuk penderita diabetes. Sebab baik direbus dengan air atau dicampur dengan teh, keduanya memiliki khasiat yang sama.

Para peneliti juga mengklaim bahwa air rebusan serai ini akan lebih bermanfaat dibandingkan dengan pil vitamin. Sehingga manfaat kesehatan pun bisa didapatkan dari air rebusan serai bagi Anda yang rutin mengonsumsinya.

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari air rebusan serai ini adalah terkontrolnya gula darah. Terutama bagi penderita diabetes yang gula darahnya sangat mudah untuk turun atau pun naik.

Air rebusan serai ini bisa membantu pengontrolan darah yang menyerap gula di dalam tubuh agar tidak terlalu signifikan kenaikan atau pun penurunannya.
Pengontrolan gula darah ini rupanya berkaitan erat dengan yang namanya pankreas.

Penelitian menunjukkan, serai akan menjaga fungsi kerja pankreas yang memproduksi jumlah insulin. Semakin jumlah produksi insulin terjaga, maka pelonjakan atau pun penurunan pada gula darah pun bisa teratur.

Cara Membuat

1. Siapkan jahe, serai dan teh.

2. Rebus serai dan jahe yang sudah dibersihkan dan digeprek.

3. Rebus sampai mendidih sampai berubah warna.

4. Setelah itu, bisa menambahkan madu sebagai pemanis. Konsumsi selagi hangat, selamat mencoba. Mudah-mudahan dapat membantu nyembuhkan penyakit Anda.
**(alams)