Kaya Antioksidan Pengusir Racun

164 dibaca

• Manfaat dan Efek Samping Daun Johar (2)

Seperti diberitakan kemarin, tanaman johar benar-benar mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari daun, bunga, batang dan akarnya juga sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Apa saja kandungan senyawa aktif terdapat di tanaman johar?

Beberapa kandungan senyawa aktif nutrisi lainnya yang terdapat dalam tanaman johar selain yang tertera pada tabel adalah sebagai berikut:

Daun mengandung senyawa antrakuinon, polifenol, glikosida, kromon, anhidrobarakol, barakol, cassiarin A dan B, serta vitamin A hingga C.

Kulit batang mengandung senyawa antrakuinon, polifenol, glikosida, kromon, dan fenol. Akar mengandung senyawa Chrysophanol, emodin, dan biantrakuinon.

Bunga mengandung cassiarin C hingga F, cassiadinine, fenol, alkaloid, barakol, dan flavonoid.

Biji mengandung kolesterol, stigmasterol, beta – sitosterol, asam palmitat, asam oleat, asam stearat, asam linoleat, mineral, dan asam amino.

Kandungan lainnya dapat disimpulkan bahwa daun, kulit batang, biji, akar, dan bunga dari johar mengandung berbagai nutrisi yang dapat diserap dan baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat dari tanaman johar bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

Kaya Antioksidan

Ekstrak kulit batang, daun, dan bunga dari johar mengandung antioksidan yang tinggi. Ekstrak ini dapat mencegah radikal bebas serta racun yang berbahaya masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Mengatasi Penyakit Malaria

Kandungan antrakuinon dan alkaloid dalam daun, kulit batang, serta bunga dari tanaman johar mampu membunuh parasit plasmodium yang dapat menyebabkan penyakit malaria.
Ini berarti bunga, daun, serta kulit batang dari johar dapat digunakan untuk mengatasi penyakit malaria.

Menurunkan Demam

Kandungan antrakuinon pada kulit batang dari johar dapat menurunkan demam secara signifikan. Ini berarti kulit batang dapat digunakan untuk mengobati demam.(zi)