PLSPDB SMP PGRI 1 Buduran: Tetap Semangat Belajar di Tengah Pandemi

190 dibaca

SIDOARJO–POSMONEWS.COM,-
Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat belajar para peserta didik baru SMP PGRI 1 Buduran, Sidoarjo. Ratusan anak lulusan SD dan MI ini tetap bersemangat untuk mengikuti pembelajaran daring sekolah barunya tersebut. Hal ini tampak dari kegiatan PLSPDB (Pengenalan Lingkungan Sekolah Peserta Didik Baru) SMP PGRI 1 Buduran tahun ajaran 2021/2022, yang dimulai hari Senin, tanggal 12 Juli 2021.

Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd memberikan sambutan secara online dalam bentuk rekaman video. Yang disampaikan kepada peserta didik baru melalui link youtube.

“Selamat datang dan selamat bergabung dengan SMP PGRI 1 Buduran. Sesuai dengan surat edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, kegiatan PLSPDB belum bisa dilaksanakan secara tatap muka. Dengan demikian dilaksanakan secara daring,” katanya.

“Besar harapan saya, agar peserta didik dapat mengikuti PLSPB dengan baik. Bisa mengenal teman dan bapak/ibu guru. Yang juga penting adalah mengenal karakter sekolah. Karena masih masa pandemi, saya juga mengingatkan disiplin protokol kesehatan. Dengan ini, PLPDB SMP PGRI 1 Buduran, saya nyatakan dibuka dan dimulai,” ujarnya bersemangat.

Pada hari pertama, Senin, 12 Juli 2020, peserta didik baru mengikuti kegiatan daring: menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan kepala sekolah, perkenalan dan penyampaian tata tertib daring, menugaskan peserta didik follow IG sekolah dan subscribe channel youtube sekolah. Dilanjutkan: pengenalan pembelajaran selama pandemi/pembelajaran daring oleh Didik Sulistiono, S.Kom.

Pada hari kedua, Selasa, 13 Juli 2021, peserta didik mendapatkan materi secara daring: Wawasan Wiyata Mandala (sarana dan prasarana sekolah, pengenalan warga sekolah, pengenalan visi dan misi sekolah) oleh Lindah Retnoningtias, S.Pd. Pada hari ketiga, Rabu, 15 Juli 2020, peserta didik mendapatkan materi: Budaya Sekolah (tata tertib sekolah, tata krama, karakter, pembinaan mental agama, anti-narkoba) oleh Iwied Ariesna Anugrahwati, S.Psi; OSIS, Ekstrakurikuler, Kepramukaan oleh Nur Isnaini Budiarti, S.Pd.

Setiap hari, peserta didik baru juga mendapat materi “Menyanyi” yang disajikan secara daring oleh Ir. Agustinus Gede Sutawijaya. Selain itu mendapat tugas membuat video. Hari pertama tugas membuat video perkenalan diri.

Hari kedua dan ketiga tugas membuat video resume materi PLSPDB. Video harus dikumpulkan di grup WhatsApp paling lambat pada pukul 21.00 WIB.

Sesuai mottonya: “Tampil Beda dan Paling Bisa”, SMP PGRI 1 Buduran mengenalkan nama-nama tokoh wayang untuk menanamkan dan mengembangkan pendidikan karakter peserta didik. Sengaja dipilih nama-nama tokoh wayang yang berhaluan kanan, yaitu para ksatria Pandawa (Puntadewa, Werkudara, Arjuna, Nakula, Sadewa). Sebagai tokoh-tokoh yang layak diidolakan dan diteladani oleh peserta didik.

Yang sangat menggembirakan, respon di grup WhatsApp orangtua/wali peserta didik baru luar biasa. Orangtua/wali peserta didik baru menyatakan siap untuk bekerja sama dengan pihak sekolahan selama pembelajaran daring atau belajar dari rumah. Terlebih dalam pembelajaran daring dilengkapi dengan berbagai aplikasi.

• (Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)