Jualan Dupa, Ini yang Dilakukan Rosa Amelia Wong Telu

350 dibaca

Di luar kesibukan sebagai penyanyi dangdut, Rosa Amelia, ternyata punya bisnis jualan dupa.

Ternyata, kata eks anggota trio dandut Wong Telu ini, pasar dupa sangat menjanjikan.

“Pelangganku mulai dari Kiai, Habib, Ulama, baik yang Muslim maupun Hindu dan Budha,” kata Rosa kepada Posmonews Rabu (7/7) kemarin.

Untuk bisnis dupanya ini, Rosa buka gerai CV Dulapo di rumahnya di jalan Terusan Sigura-Gura Blok D no 166-A, Sukun, Kota Malang.

Bisnis dupa ini, menurut Rosa yang dikenal dengan lagu “Anoman Obong” bareng Wong Telu ini, ternyata sudah ditekuni lama, sejak 2012 lalu.

Penjualannya sampai ke Myanmar, Malaysia, Turki hingga Jepang.

Selain jualan secara online, Rosa juga menyuplai ke sejumlah gerai dupa dan pusat oleh-oleh di Bali. “Di Bali, penjualan sangat bagus, kami jual dupa aneka aroma, semuanya asli dupa dari minyak suling, bukan sintetis,” kata penyanyi kelahiran Malang 5 Mei ini.

Untuk bahan dupanya, ternyata ia impor dari Perancis. “Kalau dari Perancis, mutunya bagus, untuk diekspor lagi aman, ada hasil lap, aman untuk kesehatan, kalau yang dari Cina kebanyakan sintetis dan mutunya kurang bagus, ” katanya.

Menekuni bisnis dupa ini, bermula saat ia dan suaminya mau bisnis tusuk gigi. Ternyata ketemunya lidi dupa. Akhirnya ia tekuni dupa aja.

Bahan dupa jenis lidi, katanya, bahannya yang bagus pakai minyak impor, sedang bahan mentahnya dari serbuk kayu jati dan perekat pakai kayu sintok, tidak merusak kesehatan.

Menurut Rosa, ia sudah banyak mencoba bisnis sampingan di luar nyanyi, mulai kue kering, bisnis anggrek, emas batangan dan banyak lagi. “Tapi yang paling awet hingga sekarang ya bisnis dupa,” kata Rosa yang pernah show di Suriname bareng Wong Telu ini. (dar)