Makam Misterius Berumur Lebih Tua dari Piramida Giza

6 views

Makam misterius tak jauh dari Ibukota Irlandia, Dublin lebih tua dari Piramida Giza, masih membuat bingung para ilmuwan.
Newgrange di County Meath, daerah yang memiliki nilai sejarah di Irlandia sering diabaikan ketika berbicara soal monumen kuno.

Melansir dari The Sun pada Minggu (6/6/21), Newgrange adalah makam yang menjadi keajaiban Irlandia dari zaman kuno, sekitar 3.200 SM.

Itu membuat Newgrange 6 abad lebih tua dari pada Piramida Giza, piramida tertua Mesir, dan sekitar 700 tahun lebih tua dari Stonehenge.

Makam kuno ini dari kejauhan tampak seperti sebuah bukit besar, tetapi di dalamnya memiliki lorong yang dihiasi ukiran batu Neolitik yang bersejarah.

Lorong makam itu dibangun dengan struktur batu yang terdiri dari satu atau beberapa tumpuk batu.

Tidak banyak yang diketahui tentang orang-orang yang dimakamkan di dalam Newgrange, siapa yang membangunnya dan bagaimana mereka membangun struktur yang begitu rumit hanya dengan menggunakan batu.

Para arkeolog dari beberapa generasi telah mencoba menguraikan misteri makam kuno Newgrange dan bentuknya yang aneh. Namun, belum terpecahkan misterinya.

Salah satu hal yang membingungkan para ilmuwan selama bertahun-tahun adalah bagaimana orang-orang Neolitik menciptakan sebuah struktur makam dan lorongnya diterangi oleh Matahari Titik Balik Musim Dingin setiap tahun.

Dingin, sekitar empat setengah menit setelah matahari terbit, cahaya menyinari atap makam dan menerangi seluruh ruangan.

Para ilmuwan awalnya bingung dengan lubang di atap, sampai mereka menyadari itu dimaksudkan untuk membawa sinar matahari masuk ke makam pada hari terpendek dalam setahun.

Newgrange dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1993 dan dapat dikunjungi oleh wisatawan.**(ika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here